alexametrics

Rektor Unnes Tidak Hadir dalam Debat Akademik

Sucipto Dibebastugaskan dari Dosen
21 Februari 2020, 17:53:20 WIB

JawaPos.com – ”Pertama, saya tidak menghindar. Kedua, saya tidak berdusta,” kata Sucipto Hadi Purnomo di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Ucapan tersebut Sucipto lontarkan lantaran Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman tidak hadir dalam acara debat publik yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Unnes di Semarang tadi malam.

Sucipto adalah dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes yang mendadak dibebastugaskan dari jabatannya di kampus. Pihak kampus menganggap unggahannya di Facebook pada 10 Juni 2019 menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tapi, Sucipto membantah.

”Makanya, sebagai akademisi, seharusnya debat terbuka seperti ini. Kuliti saya, kupaslah saya,” ujarnya, disambut gemuruh tepuk tangan mahasiswa yang hadir.

Acara yang direncanakan dimulai pukul 19.00 itu molor. Acara baru dimulai pukul 20.34 lantaran Fathur tidak kunjung datang.

Perwakilan BEM Unnes Bidang Menteri Kajian Strategis Ignatius Rhadite mengaku telah berkirim surat kepada pihak rektor pada Selasa lalu (18/2). Saat itu dia mendapatkan jawaban diusahakan hadir. ”Tapi ini tidak hadir, tentu rektor ingkar janji karena di media massa dia (bilang) siap jika ditantang debat oleh Pak Cipto,” katanya ketika menjadi pembicara seperti dikutip Jawa Pos Radar Semarang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : han/den/c11/ttg


Close Ads