alexametrics

Kolaborasi 3 Kampus Lakukan Penelitian Kelancaran Logistik Nasional

21 Januari 2022, 21:23:59 WIB

JawaPos.com – Tiga perguruan swasta nasional bidang maritim melakukan pelatihan dan penelitian bersama untuk kelancaran arus logistik nasional di beberapa pelabuhan. Ketiganya adalah STIAMAK Surabaya, Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti serta Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Jakarta.

“Kehadiran kami ke sini untuk membalas kunjungan Trisakti beberapa hari lalu,” ujar Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr. Ir. Sumarzen Marzuki, M.MT saat pertemuan di kampus ITL Trisakti, Jum’at (21/1).

Menurut Sumarzen, STIAMAK akan menyumbang penelitian dari aktivitas arus logistik di wilayah pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan Trisakti akan meneliti kegiatan di wilayah Tanjung Priok di Jakarta.

“Kita akan memastikan bahwa arus logistik di beberapa pelabuhan telah mengalami kemajuan. Penelitian bersama akan menyumbang kajian akademik tentang hal-hal yang masih harus dilakukan perbaikan,” kata mantan Direktur Utama PT. Terminal Petikemas Indonesia (TPI) tersebut.

Rektor ITL Trisakti Dr. Tjuk Sukardiman menyambut baik kerja sama tersebut. “Kita sama-sama memiliki kesamaan di bidang akademik dengan prodi konsentrasi bisnis pelabuhan, logistik dan transportasi,” kata mantan Dirjen Perhubungan Laut tersebut.

Kahumas dan Marketing STIAMAK Barunawati Surabaya Drs. Moh. Fail, M.Ag mengungkapkan bahwa kedatangan para pimpinan perguruan tinggi dari Surabaya ke Jakarta selain mematangkan rencana penelitian, juga akan mengadakan webinar bersama tiga perguruan tinggi STIAMAK Surabaya-ITL Trisakti dan Universitas Brawijaya Malang dengan operator pelabuhan Pelindo.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads