alexametrics

Ramadan Sebagai Momentum untuk Pendidikan Karakter dan Akhlak

20 Mei 2020, 17:09:34 WIB

JawaPos.com – Selama bulan puasa, para murid Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School tidak hanya menjalani pendidikan dari sisi akademis saja. Lebih dari itu, Ramadan mereka gunakan untuk pembinaan karakter dan akhlak mulia anak didik. Harapannya para murid selain memiliki kualitas akademik yang baik, juga memiliki karakter dan akhlak mulia.

General Manager (GM) Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Mustafa Cakallioglu menuturkan, mereka ikut menyemarakkan Ramadan tahun ini. ’’Semoga niat menyemarakkan Ramadan tahun ini, meskipun dalam kondisi yang berbeda, dapat berjalan lancar serta mendapatkan ridho dari Allah,’’ kata dia Rabu (20/5).

Diantara kegiatan Ramadan yang mereka lakukan adalah pengumpulan dan penyaluran donasi. Hasilnya terkumpul 350 paket sembako dan 500 paket buka bersama. Paket sembako didistribusikan Selasa (19/5) kemarin dan paket buka puasa dilaksanakan hari ini (20/5). Donasi untuk paket tersebut dikumpulkan dari para siswa, orang tua, guru, serta alumni. Donasi itu disalurkan kepada masyarakat terdampak wabah Covid-19.

Dengan adanya donasi tersebut, diharapkan sekaligus bisa mengajarkan anak-anak untuk berbagi dan peduli dengan kondisi masyarakat di tengah pandemi. Mustafa menjelaskan penyaluran bantuan itu diserahkan langsung kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Atas nama Pemkot dan warga Kota Banda Aceh, Aminullah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

Selain itu dilakukan juga penggalangan donasi untuk para tenaga medis dan dokter. ’’Mereka adalah garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19,’’ tuturnya. Donasi untuk tenaga medis itu disalurkan dalam bentuk alat perlindungan diri (APD). Penyaluran APD ini dilaksanakan dengan menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Banda Aceh.

Mustafa menegaskan, penggalangan dana ini merupakan upaya membiasakan para siswa tidak hanya mementingkan aspek akademis saja. Tetapi juga aspek karakter serta akhlak yang mulia. Bagi Mustafa, karakter serta akhklak yang mulia itu adalah tujuan tertinggi dari proses pendidikan.

Kegiatan lainnya adalah learning by sharing untuk orang tua atau wali murid. Mustafa menjelaskan sekolah yang ia pimpin memberikan perhatian yang lebih terhadap orang tua murid. Sebab pendidikan akan berdiri tegas jika ada kerja sama yang harmonis antara sekolah, siswa, dan orang tua. Learning by sharing adalah seminar parenting dan diselenggarakan secara online. Salah satu tema yang dibahas adalah bagaimaan orang tua untuk menghadapi masa pandemi ini. Apalagi siswa saat ini menghabiskan waktu lebih lama di rumah bersama orang tua.

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan


Close Ads