alexametrics

Pendaftaran SBMPN 2020 Resmi Dibuka, Berlangsung hingga 25 Juni

20 Mei 2020, 11:00:36 WIB

JawaPos.com – Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 resmi diluncurkan pada Selasa (19/5). Proses pendaftaran bakal dilaksanakan hingga 25 Juni 2020 mendatang.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto menyampaikan, SBMPN ini sendiri menggantikan gelaran Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) sebagai jalur masuk calon mahasiswa Politeknik Negeri sebelumnya. Meksi ganti nama, Wikan memastikan jika mekanisme seleksinya masih tetap sama. Pola seleksi awal dilakukan melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di sekolah.

”Tahun ini sendiri, SBMPN diikuti oleh 42 Politeknik Negeri se-Indonesia,” ujarnya dalam peluncuran SBMPN 2020 secara virtual, Selasa (19/5).

Meski mekanisme tidak berubah, Wikan meminta para Direktur Politeknik memperhatikan aspek kesehatan saat pandemi Covid-19 dalam penyelenggaraan SBMPN nanti. Selain itu, untuk ujian tulis atau ujian berbasis komputer di tahun ini tidak akan diselenggarakan terlebih dahulu. Seleksi akan diganti berbasis portofolio yang akan disampaikan secara online melalui web SBMPN.

”Tata cara pendaftaran dan informasi lengkapnya dapat diakses melalui laman resmi SBMPN di https://sbmpn.politeknik.or.id,” jelasnya. Seleksi ini, imbuh dia, bisa diikuti oleh seluruh siswa Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah, dan Kejar Paket C. Untuk kejar paket C hanya bisa untuk lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020.

Bagi calon mahasiswa Politeknik Negeri yang kemudian terkena dampak ekonomi diminta tak perlu khawatir. Sebab, jalur SBMPN ini tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik. Mereka berkesempatan mengikuti program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

”Ada KIP Kuliah yang bisa dimanfaatkan,” ungkap Mantan Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada tersebut.

Oleh karena itu, dia berpesan agar generasi muda bersiap untuk menentukan dan meneguhkan passion, minat dan bakatnya. Menurutnya, memilih program studi tempat kuliah dan menuntut ilmu harus sesuai dengan passion.
”Harus disertai visi yang jelas. Mau jadi apa kelak di masa depan? Bahagiakah hati ketika bekerja di bidang yang dipilih?,” katanya. Maklum saja, ketika bekerja saja sudah bahagia, maka gaji dan income adalah bonus dari kebahagiaan tersebut.

Sementara itu, Ketua SMBPN 2020 Zainal Arif menambahkan, proses pendaftaran akan ditutup pada 25 Juni 2020 dan diumumkan pada 4 Juli 2020. Para peserta yang mendaftar bakal dikenakan biaya sebesar Rp 150 ribu.

”Pendaftar diharapkan dapat mengisikan data seperti data diri, keluarga, ekonomi, rapor, ijazah, prestasi hingga data KIP Kuliah,” ujarnya.

Pada tahun ini, SBMPN 2020 memiliki kuota sebanyak 40 persen dari jumlah kursi di tiap Politeknik Negeri. Secara nasional, daya tampung Politeknik Negeri sendiri mencapai 46 ribu tiap tahun.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Zalzilatul Hikmia


Close Ads