alexametrics

Kemendikbudristek Bawa Program Kampus Merdeka Mendunia, Ini Buktinya

20 Maret 2022, 07:07:11 WIB

JawaPos.com – Kemendikbudristek berupaya membawa program Kampus Merdeka (Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKB) ke tingkat dunia. Salah satunya dengan menggandeng Australia. Pemerintah berharap Negeri Kanguru itu berkenan membuka akses implementasi Kampus Merdeka di negaranya.

Upaya tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam Kelompok Kerja Pendidikan G20/G20 Education Working Group (EdWG). Kegiatan ini merupakan bagian dari gelaran G20 dimana Indonesia sebagai ketuanya.

Tjitjik mengemukakan dalam forum tersebut beberapa isu di bidang pendidikan tinggi, riset, dan teknologi. Tjitjik mengusulkan beberapa poin kerja sama dengan pihak Australia. “Antara lain dalam bidang pengakuan kualifikasi, implementasi Kampus Merdeka melalui program Indonesia Internasional Student Mobility Awards (IISMA),” katanya Sabtu (19/3). Selain itu program Joint Working Group, serta kerja sama pengembangan riset dan inovasi melalui kerangka Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO).

Menurut dia, Indonesia sudah bermitra cukup dekat dengan Australia. Indonesia mendorong agar Australia juga membuka kesempatan apprenticeship dan internship bagi mahasiswa Indonesia ke Australia. “Tentunya dengan skema yang akan ditetapkan melalui program Kampus Merdeka,” jelasnya. Setelah berhasil, perguruan tinggi dapat menduplikasi bentuk kegiatan ini, agar banyak mahasiswa Indonesia memiliki wawasan global dan berdaya saing.

Sementara itu sejumlah perguruan tinggi di Indonesia menyambut baik program Kampus Merdeka. Diantaranya disampaikan Wakil Rektor I Bidang Pengembangan Akademik, Inovasi, Kerjasama dan SDM Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) Dr Lidia Sandra. Menurut dia program MBKM bisa membuat mahasiswa keluar dari zona nyaman perkuliahan. Sehingga lebih siap memasuki dunia kerja.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini: