alexametrics

Temukan Lapisan Keramik Anti Leleh, Dosen ITS Finalis Award di Eropa

19 Mei 2022, 22:43:53 WIB

JawaPos.com – Prestasi gemilang kembali dicatatkan ilmuan tanah air. Fahmi Mubarok, ilmuan sekaligus dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi finalis peraih European Inventor Award 2022. Berkat inovasinya berupa lapisan keramik anti leleh atau tahan dari suhu yang tinggi.

Inovasi lapisan keramik yang tidak memiliki titik leleh itu dohasilkan Fahmi bersama ahli kimia dan insinyur dari Spanyol bernama Nuria Espallargas. Kolaborasi keduanya menghasilkan lapisan pelindung semprot yang sangat inovatif. Melalui lapisan semprot tersebut, bahan keramik tidak memiliki titik leleh. “Sehingga bisa tahan terhadap suhu yang tinggi,” kata Fahami dalam keterangannya Jumat (19/5).

Aplikasi dari temuan Fahmi tersebut sangat banyak. Diantaranya dalam penggunaan pelapis industri (industrial coating) yang lebih tipis dan ringan. Kemudian penyemprotan cairan atau meterial itu ke rem mobil atau keretakereta untuk menambah usia karena lebih tahan dari aus. Bahkan Badan Antariksa Eropa (European Space Agency) tengah menguji pelapis temuan Fahmi itu untuk keperluan misi antariksa ke bulan dan planet Mars.

Fahmi mengatakan konsepnya adalah melindungi partikel. Konsep ini sudah dikenal dalam industri penyemprotan termal. Tetapi belum pernah digunakan untuk keramik tanpa titik leleh. Dia dan Espallargas akhirnya memutuskan menggunakan Yttrium Aluminium Garnet. “Yaitu sejenis oksida yang dapat menahan suhu ekstrem yang digunakan dalam penyemprotan termal,” katanya.

Fahmi menamatkan studi sarjana di Teknik Material Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian meraih gelar master Ilmu Material di Universitas Teknologi Hamburg, Jerman. Di tengah tugasnya sebagai dosen di ITS Surabaya, Fahmi melanjutkan studi doktoral di Norwegian University of Science and Technology.

Bersama Espallargas, Fahmi mendirikan perusahaan bernama Seram Coating. Kemudian pada 2017 dia kembali ke Indonesia untuk menjadi dosen di ITS Surabaya. Meskipun begitu dia masih sering terlibat proyek di Seram Coating.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads