alexametrics

Presiden Jokowi Minta Mahasiswa Tak Ragu Belajar di Luar Kampus

19 Januari 2022, 07:07:36 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin untuk bisa meningkatkan potensi diri. Apalagi, saat ini terdapat program Kampus Merdeka yang ditawarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja. Belajar di luar kampus itu akan sangat bagus sekali sesuai yang sering disampaikan Mendikbudristek mengenai Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (18/1).

Dirinya pun meminta kepada pendidikan tinggi agar memfasilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan talentanya. “Jangan dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di fakultas,” tuturnya.

Dirinya pun mengingatkan cita-cita bangsa untuk dapat mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Menurutnya, SDM yang unggul akan mampu membawa Indonesia bersaing dalam hal ekonomi digital.

Mengenai itu, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar di sektor ekonomi digital. Pasar digital Indonesia bahkan tumbuh pesat jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memprediksi, pada tahun 2025, pasar digital Indonesia dapat meningkat sampai di angka USD 146 miliar. “Indonesia memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi digital di Asia Tenggara. Kita berkontribusi 40 persen ekonomi digital kita di Asia Tenggara,” tambahnya.

Menurutnya masa depan nantinya akan serba memakai konsep hybrid. “Hybrid knowledge maupun hybrid skill menjadi penting dimiliki SDM kita. Karena tanpa adanya SDM yang baik, saya ragu terkait urusan ekonomi digital, kita akan bisa melompat,” imbuhnya.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengajak kampus agar menyiapkan mahasiswanya dengan baik. “Mahasiswa perlu disiapkan untuk selalu siap belajar. Karena perubahan akan muncul setiap hari. Akan berubah terus dunia ini,” tekan Jokowi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads