alexametrics

Pandemi Picu Depresi Ringan Sampai Agak Berat di Kalangan Santri

19 Januari 2022, 21:45:41 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 tidak hanya membawa dampak kesehatan fisik. Tetapi juga membawa efek kesehatan mental.

Hasil survei yang dilakukan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyebutkan, pandemi Covid-19 memicu depresi di kalangan santri dan guru pada pondok pesantren.

Hasil survei bertajuk Pesantren dan Pandemi: Bertahan di Tengah Kerentanan itu disampaikan Koordinator Penelitian Riset Pesantren dan Pandemi PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Laifa Annisa Hendarmin. “Isu yang juga berkembang di pesantren selama krisis pandemi adalah isu kesehatan mental,” katanya di Jakarta Rabu (19/1).

Laifa mengatakan, mereka mengukur kesehatan mental guru dan santri di pesantren menggunakan instrumen PHQ-9. Dari hasil penilaian menggunakan instrumen itu, ditemukan responden santri yang mengalami depresi ringan sampai agak berat.

“Gejala-gejala yang dialami mulai dari sulit tidur sebanyak 17 persen,” tuturnya.

Kemudian sulit berkonsentrasi (13,9 persen), kurang nafsu makan atau terlalu banyak makan (13,3 persen), dan merasa kurang percaya diri atau merasa sebagai manusia gagal sebanyak 10,7 persen. Bahkan ada yang sampai memiliki keinginan bunuh diri atau melukai diri sendiri, meski anya 3 persen.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads