alexametrics

Tak Ada Rekrutmen Guru PNS, Peminat Kuliah Keguruan Tetap Tinggi

18 Juni 2022, 11:46:23 WIB

JawaPos.com – Dalam dua tahun terakhir tidak ada rekrutmen guru pegawai negeri sipil (PNS). Sebagai gantinya pemerintah merekrut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk guru honorer. Meskipun begitu, peminat kuliah keguruan masih tetap tinggi.

Kondisi tersebut disampaikan Rektor Universitas Jakarta (UNJ) Prof Komarudin. Seperti diketahui, UNJ merupakan salah satu kampus negeri yang fokus mencetak calon guru atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). “Dari minat (mahasiswa baru keguruan) saya kira masih sama untuk bidang pendidikan,” kata Komarudin di kampusnya Jumat (17/6) malam.

Kuliah di jurusan keguruan, tentu orientasinya tidak sebatas untuk menjadi guru PNS. Peluang untuk menjadi guru di sekolah-sekolah swasta juga masih cukup terbuka lebar. Komarudin mengakui bahwa salah satu fokus kampus mereka adalah mencetak guru yang handal dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Dia bahkan menyampaikan kampus UNJ akan membuka sejumlah program studi (prodi) baru. Termasuk prodi di rumpun keguruan. Salah satunya adalah prodi guru pariwisata. “Sekarang banyak SMK jurusan pariwisata. Tetapi belum ada prodi guru pariwisata,” katanya.

Komarudin mengatakan izin mendirikan prodi guru pariwisata sudah beberapa waktu lalu diajukan. Tapi sampai saat ini belum keluar. Dengan adanya prodi guru pariwisata, diharapkan bisa berdampak pada peningkatan kualitas ekosistem pariwisata di Indonesia. Seiring rencana UNJ menjadi PTN Badan Hukum, izin prodi guru pariwisata diharapkan segera terbit.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ Prof Suyono membenarkan bahwa minat mahasiswa baru di bidang keguruan tetap tinggi. Tidak terpengaruh kebijakan pemerintah yang dua tahun terakhir tidak merekrut guru PNS. “Dari enam prodi yang memiliki tingkat keketatan penerima tinggi, ada diantaranya prodi bidang keguruan,” jelasnya.

Seperti diketahui, pada 2021 dan 2022 pemerintah tidak merekrut guru PNS. Sebagai gantinya guru yang direkrut berstatus PPPK. Selain itu mayoritas yang bisa mendaftar adalah guru-guru dalam jabatab atau sudah mengajar. Kesempatan bagi calon guru fresh graduate tidak terlalu besar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads