alexametrics

LTMPT Pastikan Bobot Soal UTBK Terukur

Tingkat Kehadiran di Atas 98 Persen
18 Mei 2022, 14:41:24 WIB

JawaPos.com – Hari pertama (17/5) pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) diklaim berjalan lancar. Kehadiran peserta pun nyaris 100 persen.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun, tak ada masalah teknis pada hari pertama. Meski, sejumlah peserta masih harus kelabakan mencari kelas ujian di beberapa lokasi pusat UTBK. Selain itu, ada keluhan mengenai bobot soal yang dinilai sukar.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan, tingkat kehadiran sangat tinggi. Di atas 98 persen. Meski, untuk detailnya, pihaknya masih harus menunggu laporan lengkap. ”Alhamdulillah lancar,” katanya kemarin (17/5).

Terkait dengan keluhan soal yang sulit dikerjakan, Budi memastikan bahwa pihaknya memiliki standar tingkat kesulitan setiap tahun dan sudah terukur. Jadi, tingkat kesulitannya kurang lebih sama dengan sebelum-sebelumnya. Karena itu, dia justru mempertanyakan pembelajaran di sekolah menengah atas tak tercapai imbas pembelajaran daring sehingga siswa mengalami kesulitan.

Selain itu, menurut dia, tak semua siswa beranggapan demikian. Ada juga kelompok siswa yang justru merasa soal mudah. ”Ya, namanya instrumen seleksi, hanya memilih yang terbaik dari yang ada. Dan, jumlahnya hanya 5–25 persen bergantung prodinya,” paparnya.

Sementara itu, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, salah satu pusat pelaksanaan UTBK berada di Universitas Indonesia (UI) Depok. Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI Gunawan menyatakan, pelaksanaan UTBK hari pertama berjalan lancar. Seluruh peserta mengerjakan UTBK dengan lancar sesuai dengan ketentuan panitia penyelenggara.

”Untuk UTBK hari kedua dan seterusnya, kami berharap peserta selalu mematuhi peraturan sehingga bisa berjalan lancar,” tuturnya kemarin.

Gunawan menjelaskan, sebagai pusat UTBK, kampus UI menyiapkan 63 ruang ujian dengan fasilitas 1.309 komputer utama. Panitia di UI juga menyiapkan 193 komputer cadangan. Fasilitas UTBK di UI tersebar di kampus UI Kota Depok dan Salemba, Jakarta.

Berdasar data yang masuk ke UI, jumlah peminat SBMPTN UI mencapai 42.440 orang. Program studi (prodi) pendidikan dokter merupakan prodi dengan jumlah pendaftar terbanyak. Tahun ini UI membuka kuota 1.676 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN. Kuota tersebut setara dengan sekitar 30 persen daya tampung mahasiswa baru UI.

Selama pelaksanaan UTBK, panitia di UI tetap mengantisipasi praktik kecurangan. Penanggung jawab lokasi UTBK di Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI Rina Rahmawati menyampaikan, petugas secara saksama mengecek peserta yang izin keluar ruangan untuk pergi ke toilet atau sejenisnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/mia/c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini: