alexametrics

Belum Semua Dana BOS Cair

17 April 2020, 15:12:47 WIB

JawaPos.com – Perubahan juknis penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) belum terlalu berdampak pada sebagian sekolah. Jangankan untuk mengubah alokasi penggunaan menyesuaikan kondisi, dananya saja belum cair.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim mendapat keluhan terkait dengan pencairan dana BOS yang tersendat ini. Misalnya, di SMKN 1 Al Mubarkeya di Aceh Besar. Hingga saat ini, pencairan gelombang I bahkan belum diterima. Kondisi yang sama dirasakan sekolah di wilayah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Meski ada SK penetapan sejak beberapa minggu lalu, dana BOS belum diterima.

Tidak jauh beda dengan dua daerah tersebut, sekolah di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, mengalami hal serupa. Para guru sampai kewalahan menanggung pulsa internet untuk kegiatan belajar dari rumah. ”Jatim (Jawa Timur, Red) juga belum. Semua Jatim tahap II belum,” ungkapnya kemarin (16/4).

Ramli mengakui, ada sejumlah faktor yang mengakibatkan keterlambatan pencairan tersebut. Mulai penggunaan rekening daerah, terlambat update dapodik, rekening bukan atas nama lembaga (perseorangan), rekening ganda, hingga rekening tidak aktif.

Meski begitu, kondisi itu harus segera disikapi pemerintah pusat. Khususnya terkait dengan kendala dan masalah di lapangan soal pencairan tersebut. Sebab, guru dan siswa sudah kesulitan paket kuota data dalam pembelajaran kelas maya selama masa pandemi saat ini. Bahkan, sejumlah sekolah terpaksa ngutang demi membiayai kegiatan operasional mereka.

”Sekarang yang menjadi masalah dan harus ada solusi segera adalah dana BOS-nya belum cair di banyak daerah dan sekolah,” tegasnya.

Dimintai konfirmasi tentang kondisi tersebut, Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Isu-Isu Strategis Fiona Handayani membenarkan memang ada yang belum menerima dana BOS. Namun, jumlahnya kecil sekali. Hanya 1.273 sekolah atau sekitar 0,59 persen. Penyebabnya, rekening tidak aktif atau ganda. Sisanya, 99,41 persen, sudah menerima dana BOS. ”Saat ini dana BOS sudah hampir seluruhnya cair ya,” ujarnya.

Bagi sekolah yang bermasalah dengan rekening ganda atau tidak aktif tersebut, Fiona menyatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi intens dengan pihak sekolah, daerah, dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Rencananya, dana BOS mereka disalurkan di tahap IV. Namun, dia belum mendapat kepastian pencairan tahap IV karena bergantung kesiapan rekening setiap sekolah.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c14/ayi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads