alexametrics

Pandemi Memicu Sinkronisasi Penguatan Pendidikan dan Kesehatan

17 Januari 2022, 10:48:45 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 telah membawa dampak terhadap berbagai aspek kehidupan. Beragam pandangan yang mengharuskan memilih antara mengutamakan kesehatan atau menguatkan pendidikan pun bermunculan.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri menyatakan, penguatan pendidikan dan kesehatan perlu dilakukan secara bersamaan.

“Pendidikan dan kesehatan merupakan dua aspek yang penting dalam siklus pembangunan sumber daya manusia (SDM). Pandemi Covid-19 memberikan kita kesempatan untuk menguatkan dan mensinkronkan dua sektor ini bersama-sama,” ujarnya dikutip, Senin (17/1).

Menurut Femmy, pemenuhan hak-hak kesehatan anak dan remaja dapat terpenuhi melalui penerapan protokol kesehatan (prokes). Pasalnya, meskipun pandemi Covid-19 telah melandai, namun munculnya varian baru Omicron masih menjadi ancaman dan harus tetap diwaspadai.

“Kehadiran varian baru Omicron sudah sampai pada satuan pendidikan di Jakarta dan ini harus kita waspadai bersama. Bukan tidak mungkin akan sampai juga ke satuan pendidikan di daerah lain kalau kita lengah,” jelasnya.

Ia pun berharap agar seluruh satuan pendidikan dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan Covid-19 dengan menerapkan prokes secara ketat. Apalagi, per Januari 2022, pemerintah telah mewajibkan satuan pendidikan di level wilayah 1,2, dan 3 untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Selain itu, Femmy juga meminta kepada para pimpinan pondok pesantren untuk dapat mengambil peran dalam menerapkan prokes dan PTM terbatas. Hal itu tentu akan membuat orang tua para santri merasa lebih aman dan nyaman mengirimkan anaknya untuk menimba ilmu di pondok pesantren.

“Ponpes harus menjadi contoh pembelajaran tatap muka yang aman. Seperti kita tahu, pondok pesantren yang juga telah berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus aktif membangun umat melalui dakwah dan pemberdayaan,” pungkas Femmy.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads