alexametrics

Survei ASI: 66 Persen Warga Belum Terima Kuota Gratis

16 Oktober 2020, 18:31:15 WIB

JawaPos.com – Arus Survei Indonesia (ASI) menyelenggarakan survei terhadap guru, siswa, dosen serta mahasiswa terkait subsidi kuota Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di mana dari 1.000 responden, sebanyak 66 persen masih belum menerima bantuan.

Adapun, survei nasional ini diikuti oleh 1.000 responden yang dilakukan di 34 provinsi dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk margin of error dalam survei ini sebeaar 3,10 persen dan tingkat kepercayaannya 95 persen.

Survei dilakukan dengan cara wawancara via telepon yang disertakan kuisioner dengan penyelenggaraan waktu 10 hari, mulai tanggal 7 hingga 11 Oktober 2020.

“Dari responden secara nasional, sebanyak 66,8 persen publik mengaku tidak mendapatkan program bantuan internet gratis,” kata Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an dalam webinar Polemik dan Presepsi Publik Terhadap Bantuan Kuota Internet, Jumat (16/10).

Dari survei itu, baru 30 persen yang menerima subsidi kuota gratis pemerintah. Sementara sisanya tidak memberikan jawaban. Kemudian, ditemukan juga beberapa permasalahan bagi para penerima bantuan, yalni 39,3 persen dari mereka mengaku tidak cukup dengan bantuan yang diberikan Kemendikbud.

“39,9 persen mengaku masih kurang, 53,5 persen sudah cukup dengan kapasitas kuota dan siswawnya 7,3 persen tidak tahu,” ucap dia.

Dari para responden penerima bantuan, pihaknya juga melakukan survei kepuasan terhadap bantuan kuota internet. Di situ terlihat bahwa 10,1 persen warga pendidikan merasa sangat puas. Sedangkan yang merasakan cukup puas sebesar 53,1 persen, kurang puas 25,4 persen, sangat tidak puas 6,7 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 4,7 persen.

Seperti diketahui, bantuan pulsa dalam bentuk kuota ini diberikan untuk siswa dengan besaran 35 GB per bulan, lalu guru 42 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen diberikan masing-masing 50 GB per bulan.

Editor : Bintang Pradewo



Close Ads