alexametrics

Survei ASI: 20 Responden Tidak Tahu Ada Bantuan Kuota Gratis

16 Oktober 2020, 19:26:49 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak September lalu telah menyalurkan bantuan kuota gratis untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Akan tetapi, ternyata masih ada masyarakat pendidikan yang belum mengetahui bantuan tersebut.

Hal ini berdasarkan survei nasional dari Arah Survei Indonesia (ASI) dengan 1.000 orang responden. Ternyata dari jumlah itu, masih ada 20 persen orang yang tidak tahu adanya bantuan kuota.

Direktur Eksekutif ASI Ali Rifan pun menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, menurut dia bantuan kuota adalah bantuan yang berharga di kala satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring.

“Apakah tahu ada bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud? 20,0 persen menjawab tida tahu. Dan ada 1,1 persen yang tidak bisa menjawab,” terangnya dalam webinar Polemik dan Presepsi Publik Terhadap Bantuan Kuota Internet, Jumat (16/10).

Sedangkan, yang mengetahui adanya bantuan sebesar 78,9 persen. Untuk itu, menurut Ali, sosialisasi ini harus dimaksimalkan lagi oleh pihak Kemendikbud.

Apalagi, berdasarkan survei tersebut, banyak yang mengaku terbantu akan kuota gratis itu. Sebesar 84 persen publik menilai bantuan internet Kemendikbud merupakan langkah yang tepat.

“84,7 persen menilai ini langkah tepat menjawab krisis di tengah wabah korona. Yang menjawab tidak ada 13,7 persen dan siswanya 1,6 persen tidak menjawab,,” ujarnya.

Pihaknya juga menemukan jika bantuan ini meringankan beban ekonomi. Terdapat 85,6 persen responden menilai bantuan ini sangat meringankan ekonomi mereka di tengah krisis pandemi Covid-19. “Sementara yang bilang tidak meringankan 13,6 persen. Sisanya tidak menjawab ada 0,8 persen,” pungkas dia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads