alexametrics

Program Mengajar dari Rumah, DPR: Ringankan Beban Orang Tua dan Guru

16 Oktober 2020, 17:24:23 WIB

JawaPos.com – Di tengah pandemi ini, mobilisasi masyarakat menjadi terbatas, termasuk untuk pendidikan. Di mana saat ini pun, mayoritas satuan pendidikan masih menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun kembali menjalankan program Mengajar dari Rumah dan Gerakan Merubah Perilaku. Di mana tujuannya untuk mengajar para peserta didik yang ada di lingkungan para relawan.

Mengenai ini, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menuturkan bahwa hal ini akan sangat membantu para guru dan orang tua. Sebab, selama PJJ, mereka juga menjadi terbebani, tidak hanya murid.

“Harus jujur diakui, ini membikin orang tua semakin susah dan semakin tidak ada waktu untuk mengurus anak, karena itu kesediaan teman-teman itu betul-betul sangat membantu bagi proses menjaga kualitas pendidikan di tengah pandemi Covid,” ungkap dia dalam siaran YouTube Ditjen Dikti, Jumat (16/10).

Kata dia, melalui ini juga dapat mengurangi adanya kesenjangan antara murid. Di mana murid yang memiliki fasilitas bisa tetap mendapatkan akses pendidikan yang sama, sementara yang kekurangan fasilitas akan mengalami hambatan.

“Semua pembelajaran ini bisa mengurangi loss generation karena kualitas pendidikan di beberapa daerah mengalami penurunan,” jelas dia.

Ia pun memdukung semangat generasi muda yang menjadi relawan program ini untuk terus bisa menjaga kualitas pendidikan Indonesia, bahkan meningkatkannya.

“Tidak ada yang sia-sia dalam suasana pandemi ini, dari berbagai diskusi dan jaringan yg kami cek, teman-teman yang bergabung di Permadani Diksi Nasional (PDN) ini punya komitmen yang luar biasa, kita dapati teman-teman ini menjalankan tugas dan komitmen berdedikasi membantu di beberapa daerah, ini inisiatif yang perlu di apresiasi,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads