alexametrics

Forum Rektor Ingin Konflik Perguruan Tinggi dan Industri Dijembatani

16 Oktober 2020, 10:43:21 WIB

JawaPos.com – Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria mengungkapkan perlu adanya forum mediasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya kasus soal inovasi-inovasi perguruan tinggi yang sengaja dimatikan oleh para pelaku industri.

Bukan itu saja, kata dia, banyak juga keluhan dari dunia industri akan lemahnya inovasi yang berasal dari perguruan tinggi. Maka dari itu, perlu ada wadah menampung aspirasi dunia industri.

“Untuk memediasi adanya konflik perguruan tinggi dan industri tersebut, kita memerlukan sebuah lembaga yang berfungsi memediasi konflik antar perguruan tinggi dengan dunia industri tersebut,” ungkap dia dalam keterangan tertulis, Jumat (16/10).

Selain munculnya gagasan lembaga mediator perguruan tinggi-inovasi, Arif juga menyampaikan delapan strategi lainnya untuk pengembangan inovasi dan kerjasama industri. Pertama, perlunya sinergi program kerjasama riset dan inovasi antar lembaga riset pemerintah, lembaga riset swasta, perguruan tinggi dan dunia usaha.

“Kedua, implementasi teknologi baru melalui pilot plant. Ketiga, perlunya insentif bagi industri yang Reseach and Development (R&D) nya bekerjasama dengan perguruan tinggi, seperti tax deduction,” ujarnya.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga menambahkan bahwa perlu adanya pemberian insentif kepada unit R&D dan peneliti yang produknya komersial di industri. Lalu, perlunya audit teknologi yang dinilai tidak laik untuk industri.

“Keenam, perlunya mendorong pusat-pusat inovasi pada wilayah pusat pertumbuhan industri. Ketujuh, perlunya asuransi inovasi. Kedelapan, pembentukan Science Techno Park di daerah untuk mendorong pengembangan teknologi dan inovasi di setiap daerah,” pungkas dia.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads