alexametrics
Survei ASI

80,5 Persen Responden Minta Program Subsidi Kuota Dilanjutkan 2021

16 Oktober 2020, 22:13:05 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen mulai September kemarin hingga Desember mendatang. Bantuan itupun disambut baik oleh warga pendidikan.

Hal ini terbukti dari survei nasional dari Arah Survei Indonesia (ASI). Sebagaimana diketahui, pengeluaran untuk kuota internet warga pendidikan meningkat karena penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring.

Direktur Eksekutif ASI Ali Rifan menuturkan, banyak yang meminta bantuan kuota ini terus berlanjut hingga 2021, mengingat belum diketahui kapan berakhirnya pandemi ini. Dalam survei juga terlihat bahwa 80,5 persen responden meminta program ini terus dilanjutkan.

“Sebanyak 80,5 persen responden menilai program bantuan kuota internet perlu dilanjutkan di tahun 2021,” jelasnya alam rilis webinar Polemik dan Presepsi Publik Terhadap Bantuan Kuota Internet, Jum’at (16/10).

Meskipun begitu, ada juga responden yang merasa program tersebut tak perlu dilanjutkan. Total, terdapat 13,9 persen responden menyatakan program tidak perlu dilanjutkan. Sedangkan, responden yang tidak menjawab ada 5,6 persen.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa ada 10,1 persen warga pendidikan yang merasa sangat puas dengan program bantuan subsidi kuota. Sementara itu, responden yang cukup puas dengan bantuan ini sebesar 53,1 persen.

Sedangkan kurang puas sebesar 25,4 persen, sangat tidak puas 6,7 persen, dan tidak tahu atau tidak menjawab 4,7 persen. “Mereka yang tidak puas memiliki beberapa alasan. Mulai dari sinyal yang tidak stabil, akses internet terbatas hingga jumlah kuota yang minim,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads