alexametrics

PGRI: Guru Honorer Dibutuhkan, tapi Dilupakan

16 Juni 2021, 13:53:49 WIB

JawaPos.com – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengungkapkan data bahwa mayoritas pendidik di Indonesia adalah guru honorer. Namun, sayangnya guru honorer masih dianggap sebelah mata.

Wasekjen PGRI Dudung Abdul Qadir menyampaikan, saat ini jumlah guru di Tanah Air berjumlah 3.357.935, di antaranya adalah guru ASN 1.607.480 orang dan 1.750.455 guru honorer. Dari jumlah itu, masih banyak guru honorer yang kesulitan untuk masuk dalam data Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Guru honor di daerah itu sulit masuk data Dapodik, guru honor itu dibutuhkan tapi dilupakan, ini nasib guru-guru honor,” terang dia dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR RI secara daring, Rabu (16/5).

Baca Juga: Afirmasi Guru Honorer Dengan Masa Abdi Minimal 3 Tahun Dipertanyakan

Lalu, kualifikasi ijazah guru honorer yang tidak linier juga menjadi suatu persoalan. Sebab, syarat untuk mendaftar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka oleh pemerintah adalah harus memiliki ijazah yang linier.

“Masih banyak guru honor yang kualifikasi ijazahnya tidak linier sehingga ketika dibuka tes PPPK, mereka sulit masuk. Pemerintah harus hadir untuk memperjuangkan mereka supaya linier ijazahnya,” imbuhnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads