alexametrics

Nadiem: Sekolah Tetap Siapkan Tatap Muka

16 Juni 2021, 12:12:14 WIB

JawaPos.com – Lonjakan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir bisa mengubah rencana pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan bahwa PTM terbatas pada Juli mendatang tetap berjalan. Namun, pembukaan sekolah akan disesuaikan dengan kondisi Covid-19 di daerah masing-masing.

Hal itu terutama untuk daerah-daerah yang mengalami kenaikan kasus dan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. ”Ada kemungkinan di dalam PPKM tersebut berarti tidak bisa tatap muka terbatas,” kata Nadiem saat rapat bersama Komisi X DPR RI kemarin (15/6).

Menurut dia, itu suatu keharusan yang dialami semua sektor dalam masa penerapan PPKM tersebut. Bukan hanya pendidikan.

Aturan soal PPKM itu, lanjut Nadiem, sejatinya menjadi bagian dalam surat keputusan bersama (SKB) empat menteri terkait PTM terbatas pada Juli. Menurut dia, PPKM akan menjadi instrumen rem di daerah, baik kelurahan maupun desa. ”PPKM itu bisa mem-bypass atau bisa saja menganulir selama dua minggu tersebut proses pembelajaran tatap muka terbatas,” ungkapnya.

Sekolah akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa PPKM. Karena itu, satuan pendidikan diminta untuk tetap menyiapkan materi pembelajaran daring. Setelah PPKM berakhir, PTM terbatas harus kembali dilaksanakan. Sekolah perlu mengantisipasi kondisi tersebut. ”Semua sekolah sudah harus siap-siap, mau itu daerah akan dimasukkan dalam PPKM atau tidak, harus mulai siap-siap sekarang,” paparnya.

Nadiem meminta masyarakat tidak perlu bingung apakah ada perubahan mengenai pelaksanaan PTM terbatas. Cukup menjalankan SKB yang sudah dikeluarkan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c7/fal

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads