alexametrics

Kemendikbudristek Sebut Tak Perlu Bikin SKB Pengawasan PTM Terbatas

16 Juni 2021, 14:04:18 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi X DPR RI, Dede Yusuf meminta untuk dibuat SKB Tiga Menteri perihal pengawasan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Akan tetapi, menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), hal itu tidak diperlukan.

Sekretaris Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Nunuk Suryani menuturkan, dengan adanya panduan PTM yang sudah dikeluarkan, itu telah cukup untuk menjalankan PTM Terbatas secara aman. Oleh karena itu, penerbitan SKB tidak perlu dilakukan.

“Apa yang diusulkan itu belum ditindaklanjuti, kita fokus bagaimana guru itu memahami panduan yang dikeluarkan,” kata dia dalam Bincang Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (15/6).

Buku panduan itu, kata dia telah menyertakan fungsi pengawasan. Sehingga guru hingga kepala sekolah diminta untuk mengikuti panduan tersebut.

“Di bab terakhir, itu ada fungsi cek apakah PTM Terbatas sudah dilaksanakan dengan baik. Panduan yang ada ini sudah cukup jika diikuti dengan baik oleh guru, pengawas, kepala sekolah sudah lumayan bisa jadi acuan dan panduan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dirjen GTK Iwan Syahril mengungkapkan bahwa pada prinsipnya, panduan ini merupakan alat bantu untuk menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads