alexametrics

Keselamatan Peserta Didik Jadi Fokus Utama PTM

16 Februari 2021, 19:29:04 WIB

JawaPos.com –  Pembelajaran tatap muka (PTM) telah berlangsung, seluruh pihak harus saling menciptakan kondisi yang sehat dan aman, mulai dari pemerintah daerah (pemda), sekolah hingga orang tua. Hal ini disampaikan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi.

“Seluruh pemangku kepentingan perlu mendukung pemerintah daerah dalam mempersiapkan transisi pembelajaran tatap muka,” ujar dia beberapa waktu lalu.

Pasalnya, keselamatan anak didik harus menjadi fokus utama. Sebab, peserta didik merupakan aset bangsa di masa depan. Semua daftar periksa dan penerapan protokol kesehatan perlu dipastikan betul semuanya tersedia.

“Jangan lupa bahwa keselamatan anak didik kita dan keselamatan seluruh stakeholder yang ada di dunia pendidikan itu lebih utama, kalau menurut kami tetap seperti itu. Jangan sampai terjadi penularan secara masif di sekolah,” terang Sonny.

Dia juga mengingatkan, tanggung jawab keamanan dan keselamatan warga pendidikan bukan hanya berada di pihak sekolah saja ketika PTM berlangsung. Orang tua murid pun harus mengambil sikap dalam edukasi protokol kesehatan 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan menjaga jarak kepada anak mereka.

Dia meminta kepada para guru untuk tidak hentinya berusaha menjaga motivasi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan begitu, anak didik pun dapat terjaga lilin apinya agar tetap terus belajar.

“Jadi peran guru juga penting karena guru memotivasi peserta didik untuk terus-menerus punya semangat belajar jadi bukan hanya transfer of knowledge, tetapi juga kita punya PR bagaimana menjaga motivasi para peserta didik untuk terus sekolah dan mau belajar,” tegasnya. (*)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads