alexametrics

Pakar Pendidikan: Orang Tua yang Mengeluh PJJ, Anaknya Siap Sakit?

15 September 2021, 18:42:04 WIB

JawaPos.com – Dalam masa pandemi ini, banyak orang tua yang mengeluh akan kesanggupan mereka mendampingi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk itu, orang tua menuntut dilaksanakannya pembelajaran tatap muka (PTM).

Namun diketahui bahwa kondisi saat ini pandemi belum benar mereda. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah orang tua yang mengeluh siap apabila anaknya sakit apabila melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) akibat tidak patuh protokol kesehatan?

Hal itu diungkapkan oleh Pakar dan Praktisi Pendidikan Arief Rahman. Sebab, hak sehat anak di masa ini adalah yang nomor satu.

“Kalau mereka (orang tua) mengatakan kami sudah capek, sudah jenuh melayani anak-anak di rumah, saya mau tanya saja, kalau jenuh, capek, siap nggak untuk anaknya nanti sakit,” kata dia dalam diskusi Sekolah Tatap Muka, Dilema Pendidikan di Tengah Pandemi Tak Berujung, Rabu (15/9).

“Saya kena korona tidak bisa apa-apa, pengalaman yg saya alami ini bisa menjadi cermin. Nomor satu itu bukan pendidikan, tapi adalah kesehatan,” sambungnya.

Selain itu, ia juga menyinggung bencana pendidikan, apakah jika belajar secara online, Indonesia akan gagal dalam menciptakan generasi unggul. Kata dia, yang perlu dilakukan adalah berusaha seoptimal mungkin agar target tersebut tetap bisa terwujud.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads