alexametrics

Viral Senior Unesa Bentak Mahasiswa Baru Ketika Ospek Online

15 September 2020, 09:48:55 WIB

JawaPos.com – Topik Unesa atau Universitas Negeri Surabaya ramai diperbincangkan di jagat maya, khususnya Twitter. Bahkan, hingga saat ini tweet yang disampaikan sudah mencapai 24 ribu dan menempati trending topic.

Alasan Unesa menjadi perbincangan adalah setelah adanya unggahan dari @Rafirizqu19 mengenai video ospek online di universitas tersebut. Adapun video yang diunggah tersebut berdurasi 30 detik.

Dalam unggahannya, terdapat keterangan video dengan cuitan The real ospek online. Video ini diunggah pada Senin, 14 September 2020 pukul 17.42 WIB.

Hingga saat ini, Selasa (15/9), video itu telah ditonton oleh 2,9 juta orang. Kemudian, diretweet sebanyak 7,6 ribu kali, dikomentari lebih dari 1.900 kali dan disukai 11,2 ribu kali.

Dalam video, terlihat latar belakang dengan tulisan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Unesa 2020. Di mana diketahui bahwa pembentakan yang dilakukan para senior itu berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa.

Terdapat beberapa senior yang membentak para mahasiswa baru (maba) secara bersamaan. Hal itu di karenakan atribut yang dipakai oleh maba tidak lengkap. “Sabuk, ikat pinggangmu mana? Ikat pinggang diperlihatkan,” ucap seorang senior laki-laki kepada mahasiswi baru.

Bentakan itu pun bersambung dengan salah seorang senior perempuan yang tampak marah mempertanyakan mahasiswa baru yang tidak menggunakanikat pinggang. “Enggak ada? Nggak dibaca tata tertibnya?” bentak dia.

Ketika mahasiswi tersebut meminta maaf. Salah satu senior yang lain pun seolah tidak terima. “Maaf, maaf!,” tukasnya.

Banyak warganet yang beranggapan bahwa cara ospek yang dilakukan para mahasiswa senior Unesa itu sudah kelewatan. Menurut mereka, ospek tidak perlu dilakukan dengan cara membentak mahasiswa baru.

“Mohon maaf Unesa, nhga bermaksud judge ospek kalian. Tapi kok yah ngga di sesuain aja sama keadaan pandemi gini malah manajemen konflik drama gini maksa dimasukin. Bukannya takut malah dibikin guyonan sama maba kan tuh jadinya. Padahal biasanya ospek offline aja kalo lagi gini nunggu dosen ngga ada dulu,” tulis @vegarachmaa.

Salah seorang warganet lainnya @VindraRamadisyh mencibir para mahasiswa senior tersebut sambil mengetag akun twitter resmi Unesa. “Marah-marah online @Official_UNESA,” kata dia.

Bahkan, ada juga yang mengomentari mahasiswa senior di dalam video tersebut, yang dirasa mirip Arya Wiguna, yakni pria yang viral pada tajun 2012 karena berseteru dengan mantan guru spiritualnya Eyang Subur. “Dia ngomong apaan sih? Ya Allah lawak banget malah mirip Arya Wiguna,” tulis @gloomyfrday.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads