alexametrics

Ketua AMI: Museum Dapat Mengubah Cara Pikir dan Perilaku Seseorang

14 Oktober 2021, 05:25:59 WIB

JawaPos.com – Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana (PSR) mengatakan, peristiwa sejarah adalah memori semangat perjuangan yang terekam dan tersimpan rapi di museum.

Pernyataan itu ia samapaikan dalam momen puncak peringatan Hari Museum Indonesia digelar di Yogyakarta. Puncak peringatan ini tersiar melalui channel Youtube Barahmus DIY dan AMI (Asosiasi Museum Indonesia). Tema peringatan Hari Museum Indonesia tahun ini adalah “Bersama Museum Membangun Ketangguhan Bangsa”.

“Museum menghadirkan dan menceritakan kembali semua kisah agar generasi muda mengetahui sejarah bangsanya,” kata Supadma Rudana dalam sambutannya secara virtual pada puncak peringatan Hari Museum Indonesia di Yogyakarta, Selasa malam (12/10).

Supadma yang juga Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Demokrat dari Dapil Bali mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir museum di Indonesia telah memperlihatkan ketangguhannya melawan dampak pandemi. Bahkan, museum merespon masa sulit penuh ketidakpastian sebagai sebuah tantangan dengan cara berbeda.

“Museum memastikan tugas utamanya tetap berjalan memberi edukasi dan misi pelestarian dan bisa berdamai dengan keadaan, melalui berbagai inovasi dan pengemasan ulang program dan layanannya,” ujarnya.

Terbukti, lanjutnya, museum mampu memanfaatkan teknologi informasi agar selalu dekat dan mudah diakses masyarakat secara digital untuk mengobati kerinduan para pengunjung, penikmat seni dan penggiat museum

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads