alexametrics

Alasan Sekolah Cikal Hibahkan Merek Merdeka Belajar

14 Agustus 2020, 15:05:37 WIB

JawaPos.com – Pendiri Sekolah Cikal Najeela Sihab telah menghibahkan merek dagang Merdeka Belajar kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta institusi pendidikan yang berniat membangun kualitas pendidikan di Indonesia.

Adapun, salah satu alasan pihaknya menggratiskan penggunaan merek dagang itu adalah ingin ikut memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan. Alasan pihaknya mendaftarkan Merdeka Belajar sebagai mereka dagang pun hanya untuk memperkuat bukti dan slogan tersebut tidak dipergunakan untuk kepentingan selain pendidikan.

“Kami mempunyai visi yang sama dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas dan setara, keputusan menghibahkan hak atas merek Merdeka Belajar ini kami harap akan mengakhiri polemik dan sorotan yang sempat mengemuka,” kata dia dalam telekonferensi pers, Jumat (15/8).

Najeela juga menegaskan bahwa inisiasi pendaftaran itu tidak ada niatan untuk dikomersialisasi. Buktinya, sekarang pihaknya memberikan hak kepada setiap institusi maupun lembaga pendidikan yang ingin memakain istilah tersebut dengan gratis.

“Kami sama sekali tidak ada niat komersialisasi, kepentingan utama adalah anak, setelah melakukan kegiatan (Guru Belajar) itu, akhirnya kita mendaftarkan merek, tujuannya adalah upaya untuk mencatat dan melakukan kewajiban (pendidikan) kita,” ujarnya.

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim pun menyambut baik hal tersebut. Pasalnya, dengan begitu, polemik yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini dapat berakhir.

“Kemendikbud memberikan apresiasi kepada Sekolah Cikal yang akan menghibahkan hak merek dagang Merdeka Belajar kepada Kemendikbud,” terang dia.

“Kami juga mengapresiasi Sekolah Cikal yang selama ini telah menggerakkan komunitas Guru Belajar selama bertahun-tahun dan bergotong royong untuk terus mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia,” sambung Nadiem.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads