alexametrics

Dirjen Dikti Berharap Biaya Pendidikan di PTNBH Bisa Lebih Murah

13 Juni 2021, 20:02:59 WIB

JawaPos.com – Kemendikbudristek saat ini sedang mengkaji sejumlah usulan perubahan status kampus negeri menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum (PTNBH). Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbudistek Nizam berharap biaya pendidikan di kampus PTNBH bisa lebih murah.

Dia menjelaskan proses usulan perubahan menjadi PTNBH adalah untuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Terbuka (UT). Kemudian yang sudah direview usulan dari Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Padang. Sementara yang masih proses review usulan dari Universitas Negeri Malang.

Nizam mengatakan PTN yang menjadi PTNBH pada dasarnya diberikan otonomi yang lebih leluasa. Untuk itu diperlukan kedewasaan dan kematangan institusi. Kemudian menjadi PTNBH harus lebih efisien dan kreatif dalam memanfaatkan sumber daya maupun menggali sumber dana di luar mahasiswa.

Guru besar UGM Jogjakarta itu mengatakan seharusnya ketika PTN berubah menjadi PTNBH biaya pendidikan tidak naik. ’’Bahkan bisa lebih murah,’’ katanya. Sebab aset yang diberikan kepada PTNBH dapat didayagunakan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan.

Salah satu kampus negeri yang sedang proses pengajuan usulan menjadi PTNBH adalah UT. Rektor UT Ojat Darojat optimistis tidak lama lagi kampus yang dia pimpin bisa disetujui untuk menjadi PTNBH. ’’UT akan segera bertransformasi menjadi PTNBH. Semoga bisa memberikan otonomi mengembangkan diri secara lebih fleksibel,’’ katanya saat memimpin upacara penyerahan ijazah (UPI) untuk 17 wisudawati UT Singapura pada Minggu (13/6).

Baca juga: 7 PTN Bakal Jadi PTNBH, Kemendikbudristek: Biaya Kuliah Tak Boleh Naik

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads