alexametrics

Mendikbud Nadiem: 2020 Tahun Terakhir Pelaksanaan UN

11 Desember 2019, 11:55:53 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan Ujian Nasional (UN) pada 2020 mendatang merupakan tahun terakhir. Pasalnya, pada 2021 nanti, UN akan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Nadiem mengatakan UN hanya akan ada di 2020. Setelah itu formatnya akan diganti. Sehingga di 2021 tidak lagi ada UN. “Pada tahun 2021 UN akan diganti menjadi asesemen kompetisi minimum dan survei karakter,” ujar Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12).

Nadiem menjelaskan mengapa UN tetap dilakukan sampai dengan 2020. Alasannya, karena sudah dilakukan persiapan pelaksanaan UN tersebut. Sehingga, tidak bisa serta merta langsung dihapus begitu saja.  “Jadi juga sudah ada para orangtua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapatkan angka terbaik di UN,” katanya.

Sedangkan, kata Nadiem, alasan UN diganti karena berdasarkan survei dan diskusi dari beberapa pihak termasuk juga dengan orang tua siswa hasilnya adalah tidak baik. Karena, siswa fokusnya hanya menghapal materi yang telah dipelajari. “Ini jadi beban stres bagi banyak sekali siswa, guru dan orangtua,” ungkapnya.

Adanya UN ini juga menurut Nadiem belum menyentuh kepada karakter siswa. Sehingga ia menilai UN hanya akan ada sampai 2020. Setelah itu asesemen kompetisi minimum dan survei karakter‎ yang akan diterapkan. “Jadi memang belum menyentuh karekter siswa secara holistik,” tuturnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads