alexametrics

Sekolah Siap, Vaksinasi Guru Belum Tuntas

Rencana PTM Kewenangan Pemerintah Daerah
11 Juni 2021, 21:42:23 WIB

JawaPos.com – Rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) kurang sebulan lagi. Banyak sekolah yang sudah siap. Persoalannya, belum seluruh guru menjalani vaksinasi.

Sekretaris Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Sutanto menjelaskan, pemerintah sedang berusaha melakukan vaksinasi kepada semua guru dan tenaga pendidik. Sebelum pelaksanaan PTM pada Juli, diharapkan semua sudah menerima suntikan vaksin.

Lantas, bagaimana jika sampai Juli belum semua guru dan tenaga pendidik divaksin? Sutanto mengatakan, pelaksanaan PTM menjadi kewenangan pemerintah daerah (pemda). ”Jadi, pemerintah daerah yang akan mengaturnya,” kata dia dalam diskusi di Media Center DPR RI kemarin (10/6).

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyatakan, pihaknya mendukung rencana PTM pada Juli mendatang. Menurut data Kemendikbudristek, sekitar 30 persen sekolah sudah melaksanakan PTM, terutama di zona hijau. Artinya, masih ada 70 persen yang didorong untuk melaksanakan PTM. ”Jadi, bagi sekolah yang 30 persen sudah ikut PTM, berarti simulasinya sudah bagus. Adaptasi baru sudah berjalan di sekolah itu,” urainya.

Menurut politikus PKB tersebut, ada dua syarat pelaksanaan PTM, yaitu vaksinasi guru dan kesiapan sekolah dalam melaksanakan protokol kesehatan (prokes). Hasil survei KPAI menyebutkan bahwa 71 persen sekolah siap melaksanakan PTM dan menjalankan prokes.

Nah, terkait vaksinasi, dari 5,6 juta guru dan tenaga pendidik, baru 1,5 juta orang yang sudah divaksin. Kemendikbudristek dan satgas Covid-19 harus bekerja keras dan cepat dalam melakukan vaksin sebelum Juli. ”PR terberatnya adalah vaksinasi guru dan tenaga pendidik,” tandasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lum/mia/wan/c9/fal

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads