alexametrics

Mas Menteri Ingatkan Senjata Ampuh Ubah Dunia Adalah Pendidikan

8 Desember 2021, 16:43:52 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, menuturkan bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. Hal ini juga berlaku dalam menciptakan karakter antikorupsi.

Ia menyampaikan, sekolah dan kampus punya peran dalam upaya memberantas korupsi. Caranya adalah pendidikan Indonesia harus berhenti mencetak lulusan yang hanya pintar secara akademis dan mulai mendidik pelajar menjadi orang-orang yang berintegritas.

“Seluruh arahan Merdeka belajar dan transformasi kita lakukan mengarah pada satu tujuan yaitu profil Pelajar Pancasila. Di mana integritas dan akhlak mulia menjadi pilar utama,” jelas dia dalam acara daring dikutip, Rabu (8/12).

Perubahan itulah yang saat ini menjadi prioritas kementeriannya. Di mana anak-anak dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK didorong untuk memahami, serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui metode pembelajaran berbasis praktik.

Menurutnya, banyak sekali jenis pembelajaran mengenai akhlak, Pancasila, moralitas dan integritas, namun itu hanya sebatas teori. Jika tidak diimplementasikan, nilai-nilai tersebut tidak akan mungkin bisa mendarah daging di dalam generasi penerus bangsa.

Sementara untuk jenjang perguruan tinggi, mahasiswa didorong untuk keluar dari kampus, belajar dari masyarakat, berkontribusi secara sosial untuk Indonesia. Seperti mengajar dalam sekolah, berkontribusi di proyek sosial di daerah 3T, untuk membantu guru-guru SD dan SMP mengajar.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: