alexametrics

Begini Cara Nadiem Jamin Mutu Pendidikan Pasca BSNP Bubar

8 September 2021, 16:49:56 WIB

JawaPos.com – Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah dibubarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Mendikbudristek Nadiem Makarim pun menyampaikan bahwa ada dua prinsip dalam menjaga sistem penjaminan mutu usai pembubaran BSNP.

“Prinsip pertama adalah independensi antara fungsi yang ada di dalam sistem tersebut. Yang kedua adalah partisipasi publik. Ini adalah dua prinsip dasar penjaminan mutu,” ungkapnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu (8/9).

Tentunya dalam prinsip independen, lanjut Nadiem, akan ada pemisahan fungsi. Ada tiga fungsi yang dapat dibagi guna pemenuhan standar pendidikan.

“Yang pertama fungsi penyusunan standar. Jadi, siapa yang membuat standar tersebut. Fungsi kedua adalah penyelenggaraan pendidikannya tersebut, dan fungsi ketiga adalah evaluasinya. Siapa yang melihat, bagaimana pencapaian tersebut tercapai atau tidak,” imbuhnya.

Kata Nadiem, ketiga fungsi tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu pihak, sebab jika hanya dilakukan satu pihak maka hasilnya tidak akan objektif. Adapun, fungsi penyusunan standar akan dijalankan oleh Kemendikbudristek.

Lalu, fungsi penyelenggaraan pendidikan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, masyarakat dan perguruan tinggi. Kemudian, fungsi evaluasi ada yang namanya Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk memastikan bahwa standar pendidikan berjalan sebagaimana mestinya.

“Jadi tiga fungsi ini sudah teprenuhi dialam sistem yang ada sekarang ini,” pungkas dia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads