alexametrics

Alokasi Anggaran untuk Program Kuota Internet Disebut Setengah Hati

8 Agustus 2021, 14:33:34 WIB

JawaPos.com – Bantuan kuota internet untuk para siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang digulirkan kembali tahun ini diminta untuk tepat sasaran. Jangan sampai adanya sejumlah warga pendidikan tidak mendapat kuota.

Pasalnya pada 2020 lalu, target untuk penerima kuota adalah 59,5 juta penerima, sementara yang mendapatkannya hanya 35,7 juta. Tahun ini, penerima yang ditargetkan adalah 26,84 juta orang.

“Harus dipastikan ini (bantuan internet gratis) betul-betul tepat sasaran gitu,” ungkap Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim kepada JawaPos.com, Minggu (8/8).

Terkait dengan alokasi anggaran tahun 2021, Satriwan melihat bahwa bantuan ini masih setengah hati.

“Kami melihat bantuan kuota kali ini dari Kemenkeu dan Kemendikbud tidak sepenuh hati, karena cuma memaksimalkan uang yang tersisa dari anggaran yang tersisa,” tutur dia.

Satriwan melihat, Menteri Keuangan Sri Mulyani sengaja memanfaatkan sisa dana yang tidak terserap itu. “Tidak ada anggaran yang baru. Hanya memanfaatkan yang tersisa kemarin. Maka kami katakan ini bantuan kuota internet setengah hati sebenarnya,” tutur dia.

Meskipun begitu, ia tetap mengapresiasi hal tersebut, anggaran tetap dimanfaatkan dengan baik untuk melanjutkan program kuota gratis tahun ini. Selain itu, yang perlu dioptimalkan juga adalah digitalisasi sekolah, khususnya ketersediaan gawai dan pembaharuan data.

“Kami yakin ini juga tidak akan optimal karena ada yang ganti hp-nya, hilang hp-nya, atau dijual misalnya. Karena ekonomi keluarga terganggu selama pandemi,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads