alexametrics

Kiat Guru Cantik Agar Siswa Mahir Berbahasa Inggris di Kelas

8 Juli 2017, 16:04:08 WIB

Melakoni diri sebagai guru bahasa Inggris tentunya memiliki tujuan yang jelas setiap mengajar. Tentunya agar para siswa bisa berbahasa Inggris. Minimal kemampuan siswa itu sesuai dengan tingkatannya. Hal itulah yang dilakukan Dewi Susilawati, guru bahasa Inggris di SMAN 4 Kota Jambi.

M. Zinur Rizal-Jambi

Untuk mencapai targetnya itu, Dewi melakukan sejumlah trik. Salah satu trik yang cukup menarik yakni mendenda siswanya sebesar Rp 25 per kata. Artinya jika siswa berbahasa Indonesia di dalam kelas saat jam belajar bahasa Inggris, maka akan dikenakan denda per kata. Denda itu ditetapkannya berdasarkan kesepakatan dengan para siswa.

Ketika ditemui Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), gadis kelahiran Jambi 1981 itu mengaku mengajar di SMAN 4 sejak lulus CPNS tahun 2008 silam. Di samping mengajar di kelas, Dewi juga aktif membimbing siswanya dalam kegiatan ekstrakurikuler. 

“Saya guru Bahasa Inggis, juga sebagai pembina kegiatan pengembangan kemampuan siswa dalam bahasa Inggris, seperti Inggris Club untuk SMAN 4 Kota Jambi,” ujarnya.

Dalam penuturannya, metode penerapan denda itu semata agar para siswanya konsentrasi dalam belajar bahasa Inggris. Lebih dari itu memiliki kemampuan yang dapat diandalkan.

Buktinya dia berhasil mengantarakan siswa SMAN 4 Kota Jambi meraih prestasi pada debat bahasa Inggris tingkat nasional. “Setiap hari dapat dipastikan siswa akan mendapat kata-kata baru. Dengan prinsip bisa karena terbiasa,” tuturnya.

Sementara untuk uang hasil denda  bukan digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan digunakan untuk membeli perangkat belajar bahasa Inggris. “Sebulan paling ada Rp 3 ribu saja,” ujarnya.

Namun untuk saat ini, Dewi mengaku tidak lagi menetapkan cara tersebut. Karena  dengan adanya larangan pungli oleh pemerintah, sehingga ia tidak berani lagi menerapkan denda Rp 25 per kata. “Terkahir tahun lalu,” imbuh guru cantik yang pernah mengikuti pertukaran guru ke Amerika. (***/iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Close Ads
Kiat Guru Cantik Agar Siswa Mahir Berbahasa Inggris di Kelas