alexametrics

Pendidikan di Indonesia Timur yang Perlu Dikembangkan, Bukan Cuma Jawa

8 April 2021, 12:45:15 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menilai para organisasi dan praktisi terlalu fokus mengembangkan pendidikan di kota besar. Sementara itu, wilayah yang berada di pinggiran tidak terjamah oleh pengembangan kualitas pendidikan.

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Praptono menuturkan kualitas pendidikan di kota-kota besar telah jauh lebih baik. Menurut dia, para praktisi dan organisasi keluar dari pulau Jawa.

Sebab, masih banyak wilayah yang harusnya mendapat perhatian lebih dari praktisi. “Sementara kebanyakan ada di Jawa dan Sumatera. Kami inginnya ada di wilayah timur,” ungkap dia dalam webinar Inovasi Praktik Mengajar Calon Guru, Kamis (8/4).

Baca Juga: Organisasi dan Praktisi Pendidikan Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Guru

Wilayah timur daripada Indonesia itu seperti Maluku, Sulawesi hingga Papua. Kata dia, praktisi dan organisasi harus lebih aktif di daerah tersebut dibanding berada di pulau Jawa.

“Jadi sangat baik untuk kita memberikan program afirmatif. Sehingga ketertinggalan kualitas pendidikan kita bisa kita percepat,” jelasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads