alexametrics

Organisasi dan Praktisi Pendidikan Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Guru

8 April 2021, 12:14:25 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengharapkan agar organisasi hingga praktisi ambil andil untuk memajukan dunia pendidikan. Terutama yang berdampak kepada guru yang termarjinalkan atau daerah pinggiran.

“Potensi dari praktisi ataupun organisasi ini bisa diberdayakan dalam mempercepat pendidikan dan kebudayaan kita,” kata Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Praptono di webinar Inovasi Praktik Mengajar Calon Guru, Kamis (8/4).

Kata Praptono, pengetahuan dan pengalaman yang disampaikan organisasi dan praktisi tentunya sangat berharga bagi mereka. Hal ini pun dapat meningkatkan profesionalitas para guru nantinya.

Baca Juga: Peningkatan Kualitas Guru Disebut Lebih Sulit Dibandingkan Cari Uang

“Apa yang dikembangkan (penemuan) agar banyak memberikan perhatian dalam peningkatan profesionalisme guru,” tutur dia.

Peran organisasi dan praktisi tersebut diharapkan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Ia mengharapkan pengembangan pendidikan tidak lagi hanya terpusat di pulau Jawa dan tidak mengindahkan wilayah lainnya.

“Inginnya meluas sampai wilayah Timur, Papua, Sulawesi, Maluku ini adalah jadi sangat baik untuk kita memberikan program afirmatif. Sehingga ketertinggalan kualitas pendidikan kita bisa kita percepat,” terang dia.

Menurutnya, pemerataan pendidikan ini harus menjadi semangat. Organisasi dan praktisi pendidikan diyakini mampu membuka akses pendidikan lebih baik. “Sehingga mutu kita akan meningkat dan terealisasi dengan semangat merdeka belajar,” pungkas dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads