alexametrics

Kuota Internet Gratis Tersalurkan 24,4 Juta Pada September

7 Oktober 2021, 11:43:30 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan bantuan kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Program ini berjalan 3 bulan, yakni dari September hingga November.

Target dari penerima program subsidi internet ini sebanyak 26,8 juta orang. Terkait pengirimannya, bantuan ini disalurkan setiap tanggal 11 sampai 15 per bulan.

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemendikbudristek Hasan Chabibie pun mengungkapkan, pada September lalu, bantuan yang tersalurkan sebanyak 24,4 juta. Kurang 2,4 juta dari target yang telah ditentukan. “Untuk bulan Septermber kemaren kami menyalurkan 24.4 juta penerima,” ucap dia kepada JawaPos.com, Kamis (7/10).

Target yang belum tercapai ini dikatakan akibat data yang masih kurang, seperti pengisian Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

“Yang mendaftar dan mengajukan diatas 26 juta, namun setelah kami verifikasi dan validasi yang valid hanya 24,4 juta,” jelasnya.

Sebagai informasi, pemberian bantuan kuota data internet lanjutan ini telah diumumkan Mendikbudristek pada 8 Agustus 2021 bersama dengan Menteri Keuangan dan Menteri Agama. Besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik PAUD adalah 7 GB/bulan dan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 GB/bulan.

Sedangkan untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 GB/bulan. Sementara itu, bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan sebesar 15 GB/bulan.

Keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads