alexametrics

Legislator Sebut Menteri Nadiem Banyak Luncurkan Terobosan Pendidikan

6 Juli 2022, 15:03:41 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Hetifah Sjaifudian menilai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim telah banyak meluncurkan terobosan di bidang pendidikan.

“Secara garis besar beberapa program kerja yang dicetuskan Nadiem Makarim menjadi solusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan, maupun ekosistem pendukung operasional pendidikan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan yang paling tampak, yaitu selama 2,5 tahun terakhir, Nadiem dan Kemendikbudristek telah membeberkan 21 episode Merdeka Belajar.

“Beberapa program yang diimplementasikan di awal telah terlaksana secara baik, meski dengan berbagai penyesuaian, di antaranya Guru Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan, pesertanya bertambah dan banyak antusias di seluruh Indonesia,” kata dia.

Hetifah mengemukakan banyak hal dari kinerja Nadiem Makarim yang layak didukung, meski dengan beberapa catatan. Kebijakannya secara riset dan konsep sudah bagus dan berproses untuk sebuah perubahan dan terobosan positif dalam dunia pendidikan.

Ia berharap, ke depan Nadiem lebih berupaya untuk menumbuhkan mutu pendidikan di Indonesia dengan menghilangkan segala rintangan teknis maupun nonteknis agar tidak pernah muncul kembali.

Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Prof Garuda Wiko menuturkan Nadiem Makarim figur generasi muda inspiratif yang dimiliki Indonesia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: