alexametrics
Dukung Program Kampus Merdeka

PPM SoM Lahirkan Agen Perubahan Berkualitas

5 Desember 2021, 18:00:17 WIB

JawaPos.com – Mahasiswa yang kreatif, mampu berinovasi, dan terampil menjadi kata kunci untuk masa depan Indonesia yang berkelanjutan. Untuk itu, kampus sebagai perguruan tinggi memiliki peran dalam menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dalam proses pembangunan bangsa.

Demi mendukung tercapainya agen-agen pembangunan yang berkualitas itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan Program Kampus Merdeka pada Januari 2021 lalu. Program Kampus Merdeka ini menjadi bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar yang telah diluncurkan pada tahun sebelumnya.

Program Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat mahasiswa dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Terdapat 10 program yang dijalankan Kampus Merdeka, yaitu Magang Bersertifikat, Membangun Desa (KKN Tematik), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Proyek Kemanusiaan, Riset dan Penelitian, Studi Independen, Wirausaha, Kampus Mengajar, Kementerian ESDM-Gerilya, dan Indonesian International Student Mobility Award.

Beragam program ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal, serta belajar dan berkontribusi secara langsung dengan mitra berkualitas dan terkemuka di tanah air.

Sebagai institusi yang berkomitmen membangun sektor pendidikan dan perkembangan bisnis di tanah air, PPM SoM turut mengimplementasikan Program Kampus Merdeka. Melalui program ini, PPM SoM sebagai sekolah tinggi dengan sistem penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti – 2019) mendukung penuh pelaksanaan program Kampus Merdeka, salah satunya melalui program Magang Bersertifikat.

Magang bersertifikat bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di Program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama 1-2 semester.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads