alexametrics

Shopee Giatkan Wirausaha untuk Siswa SMA/SMK

2 September 2019, 17:50:01 WIB

JawaPos.com – Menggiatkan jiwa wirausaha generasi milenial merupakan salah satu tujuan Shopee dan Semua Murid Semua Guru (SMSG) mengadakan Program Muda Berdaya. Pada Sabtu (24/8), rangkaian acara pertama digelar di Palembang untuk memperkenalkan lebih lanjut seputar pendidikan kewirausahaan bagi para generasi muda, khususnya para milenial berusia 15–18 tahun atau yang masih duduk di bangku SMA/SMK.

Program Muda Berdaya berangkat dari pemahaman Shopee dan SMSG akan potensi kewirausahaan yang dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri lantaran bisa mengasah keberdayaan, kemandirian, dan kreativitas generasi muda.

’’Mereka ini sebentar lagi memasuki usia kerja produktif. Dan tidak dipungkiri, milenial punya peran penting dalam dunia usaha. Data di Shopee menunjukkan, ada pertumbuhan hingga 39 persen untuk seller usia 15–25 tahun dari tahun 2018 hingga sekarang,’’ ungkap Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar dalam acara perdana Program Muda Berdaya yang dihadiri ratusan pelajar SMA/SMK di Palembang.

’’Program MudaBerdaya bisa memberikan inspirasi bagi anak muda agar lebih mandiri dan berani menghadapi hidup pada masa depan. Sebab, saat ini lapangan pekerjaan semakin minim,’’ tegas Rezki.
Program MudaBerdaya di Palembang terbagi dalam sesi talk show dan sesi inspirasi. Para pembicara dalam talk show berbagi pandangan mereka akan kemungkinan berwirausaha saat usia sekolah, terlebih untuk memantik ide dan memotivasi anak muda Palembang untuk menggali ide, memulai, dan menjalankan usaha sejak dini.

Mereka adalah Prilly Latuconsina selaku brand ambassador Shopee dan sosok pengusaha muda inspiratif , Rezki Yanuar Country Brand Manager Shopee, Syamsurrijal selaku Kasi Sarana-Prasarana Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Syamsurrijal, dan Widita Kustrini selaku kepala program SMSG.

Prilly mengungkapkan kesannya setelah dilibatkan dalam programtersebut. “Senang sekali ketika diajak Shopee untuk membagikan pengalaman memulai bisnis kepada Sobat Shopee di Palembang. Saya merasa program Muda Berdaya ini adalah program yang tepat untuk menambah wawasan anak muda yang belum mengetahui tip dan trik yang tepat untuk mewujudkan ide usaha mereka’’ kata dia.

Diapun membagikan beberapa tip bagi pelajar yang hadir di acara tersebut. ’’ Untuk memulai usaha, ide yang paling penting. Insiprasi ide bisa dicari dari mana saja mulai dari hobi maupun internet,’’ saran dia. Dia mencontohkan bahwa dirinya sering memanfaatkan Shopee Live untuk belajar cara packaging hingga produksi produk. ’’Dan yang paling penting adalah jangan takut untuk memulai.’’

Sesi kedua yang merupakan sesi inspiratif diisi empat mentor yang memiliki latar belakang usaha yang mumpuni. Mereka adalah Yukka Harlanda, CEO Brodo; Adis Karim, owner RumahSongketAdis; Abdul Anzisy, owner Bakso Granat Mas Azis; serta Arina Baroroh, junior project manager Du’anyam.

’’Setiap mentor akan sharing dengan adik-adik SMA/SMK. Mereka akan berbagi pengalaman dan mengenalkan model bisnis dari industri masing-masing yang diminati peserta,’’ jelasRezki.

Diharapkan, dalam acara tersebut, peserta terdorong untuk segera mengirimkan ide bisnis dan mendaftarkannya di mudaberdaya.info. ’’Program Muda Berdaya ditujukan untuk tim anak muda usia 15–18 tahun yang memiliki ide usaha yang dijalankan bersama tim. Nanti dipilih 20 tim untuk mengikuti masa inkubasi’’ tutur Widita.

Di Sesi Inkubasi, semifinalis akan diberi materi dan pelatihan yang lebih mendalam mengenai kewirausahaan, mulai dari literasi digital hingga model bisnis kanvas. ‘’Puncak program ini adalah Apresiasi Muda Berdaya bagi tiga tim terbaik yang akan mendapat modal usaha dan coaching dari KampusShopee,’’ ungkapnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads