alexametrics

Edukasi Diri Melawan Covid-19 Dimulai Dari Pemahaman Pendidikan

2 Mei 2021, 20:07:28 WIB

JawaPos.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh setiap tanggal 2 Mei. Tahun ini merupakan kali kedua Hardiknas dirayakan dalam situasi pandemi Covid-19.

Dalam rangka memperingati Hardiknas 2021, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun mengucapkan selamat. Namun, tentu ada juga pertanyaan serta catatan yang disampaikan untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Komisioner KPAI Jasra Putra pun mempertanyakan, apakah Indonesia memiliki persiapan untuk menjawab tantangan Covid-19 tahun kedua ini? Dia emnyatakan, melihat kasus di India yang tengah melonjak drastis, ini tentu perlu menjadi perhatian.

Pendidikan menuntut adanya perubahan dan transformasi diri, bahkan cenderung merevolusi diri, karena langsung memutus kebiasaan lama dan dipaksa masuk dalam dunia digital. Sampai saat ini, itu masih belum dianggap tidak ideal, padahal dalam film sendiri menampilkan hal futuristik yang erat dengan perkembangan digital.

“Kita sering berdecak kagum. Namun sayangnya penguasaan dunia teknologi digital, dibatasi kemampuan untuk mendapatkannya. Karena masih sangat mahal. Hanya sebagian orang yang mampu mengatasi hambatan dunia pendidikan digital dan menikmatinya,” ujar dia, Minggu (2/5).

Di sisi lain, dunia pendidikan dihantui ancaman penularan Covid-19 yang tidak bisa dimungkiri dan klaster pendidikan menjadi suatu sinyal bahaya yang sangat ditakuti. Nah, bagaimana dengan persiapan sekolah jelang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM)?

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads