alexametrics

Kemendikbudristek Pakai Skema Ini Kembangkan Riset Kendaraan Listrik

2 Maret 2022, 10:34:01 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjalin kerja sama dengan PT Industri Kereta Api (PT INKA) untuk mengembangkan riset dan inovasi kendaraan listrik di lingkungan pendidikan tinggi.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam dan Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro. Adapun ruang lingkup dalam kerja sama ini meliputi peningkatan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan perguruan tinggi, berbagi sumber daya dalam pengembangan kendaraan listrik.

Kerja sama itu terkait fasilitas program Magang Bersertifikat sebagai bagian dari program Kampus Merdeka dalam rangka pengembangan diri mahasiswa melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang. Selain itu juga memfasilitasi kolaborasi dan sinergi perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri dalam rangka membangun ekosistem reka cipta yang dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan dari kalangan akademik ataupun masyarakat secara umum.

Nizam mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya Ditjen Diktiristek untuk menggandeng mitra industri untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi. Hal ini dilakukan karena investasi untuk riset dan pengembangan sangatlah mahal.

Sementara itu terdapat 300 ribu dosen yang memiliki kewajiban untuk melakukan penelitian. Untuk itu, melalui kerja sama ini, diharapkan dapat dimanfaatkan bersama-sama untuk melakukan riset dan pengembangan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads