alexametrics

Ini Perbedaan Subsidi Kuota Internet Gratis pada 2020 dan 2021

2 Maret 2021, 10:06:25 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melanjutkan program subsidi kuota data internet yang sebelumnya pernah dilakukan pada tahun lalu. Penyaluran dimulai bulan ini dan akan dilakukan selama tiga bulan ke depan.

“Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan. Mulai dari bulan ini yaitu bulan Maret 2021,” jelas Mendikbud Nadiem Makarim dalam Pengumuman Bantuan Kuota Fata Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3).

Bantuan tersebut disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11 sampai 15. “Semua kuota itu berlaku seperti biasa selama 30 hari sejak kuota itu diterima,” tambahnya.

Baca juga: Murid dan Guru Bakal Terima Kuota Internet Gratis Mulai 11 Maret 2021

Hanya, terdapat beberapa perubahan dalam subsidi kuota tahun ini. Apa saja?

1. Besar Kuota Data dan Fleksibilitas

Pada 2020 lalu, Kemendikbud membagi kuota data internet ke dalam dua bagian, yakni kuota belajar dan kuota umum. Namun, di tahun ini tidak akan ada pengelompokan tersebut.

Sebelumnya, untuk paket kuota gratis peserta didik PAUD sebesar 20GB per bulan, dengan rincian 5GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota gratis sebanyak 35GB per bulan, 5GB kuota umum dan kuota belajar 30GB.

Kemudian, untuk kuota gratis para pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah sebesar 42GB per bulan, dengan rincian 5GB kuota umum dan 37GB kuota belajar. Sementara itu, paket kuota gratis untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50GB per bulan, dengan rincian 5GB kuota umum dan 45GB kuota belajar.

Sementara itu, pada 2021, untuk peserta didik PAUD sebesar 7GB per bulan, peserta didik jenjang dasar dan menengah 10 GB per bulan. Lalu, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 12GB per bulan, dan untuk mahasiswa dan dosen 15GB per bulan.

2. Akses Website dan Aplikasi

Pembagian kuota belajar dan kuota umum ini membuat adanya pengelompokan situs serta aplikasi yang dapat diakses secara gratis sebanyak 2.690 situs website dan aplikasi, terdiri dari 61 aplikasi pembelajaran, 5 aplikasi konferensi video, dan 2.624 laman kampus dan sekolah.

Namun, kini semua dapat diakses, kecuali media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok, lalu aplikasi permainan dan yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) tidak dapat diakses oleh kuota gratis tersebut.

3. Waktu Pengiriman

Bantuan kuota internet 2020 dikirim mulai dari September sampai November dengan dua tahap, yakni setiap tanggal 22-24 dan 28-30. Sedangkan di 2021 ini, bantuan tersebut dikirim dari Maret hingga Mei antara tanggal 11-15.

“Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11 sampai 15 tiap bulannya, jadinya untuk yang pertama itu bulan ini (Maret) tanggal sekitar 11, penyaluran terjadi selama 3 bulan ke epan dan semua kuota itu berlaku seperti biasa selama 30 hari sejak kuota itu diterima,” pungkas Nadiem.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads