alexametrics

Kemendikbud Kembali Beri Kuota Internet Gratis Tapi Dipangkas

1 Maret 2021, 18:12:47 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melangsungkan kembali program subsidi kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Subsidi kuota ini akan berlangsung untuk tiga bulan, yakni hingga Mei 2021.

Untuk penyalurannya sendiri akan dimulai pada 11 sampai 15 Maret 2021. Akan tetapi, terdapat perubahan besaran subsidi kuota dari Kemendikbud yang kini mengalami penurunan.

“Kita mengurangi giganya (gigabyte/GB), tapi bisa digunakan jauh lebih banyak penggunaannya,” kata Mendikbu Nadiem Makarim dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3).

Yang ia maksud penggunaannya jauh lebih banyak adalah karena subsidi kuota tidak lagi dipecah menjadi kuota belajar dan kuota umum. Di mana sekarang para peserta didik dan pendidik diberikan fleksibilitas penuh untuk memanfaatkan kuota tersebut.

“Jadi lebih banyak fleksibilitas aplikasi-aplikasi laman web yang kita belum pikirkan pun yang mungkin digunakan sekolah itu bisa digunakan kuota umum itu,” imbuhnya.

Ia menjelaskan untuk peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan memperoleh volume kuota sebanyak 7GB per bulan. Lalu, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh kuota sebanyak 10GB per bulan. Sebelumnya, mendapatkan 35GB per bulan.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads