alexametrics
Penerimaan Dana Kampanye Capai Rp 54 Miliar

Jadi Donatur Terbesar, Sumbangan Sandi 3 Kali Lipat Prabowo

31 Desember 2018, 16:53:36 WIB

JawaPos.com – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi kembali memperbaharui laporan penerimaan dana kampanye pada periode 23 September sampai dengan 28 Desember 2018. Hasilnya, Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno masih menjadi donatur terbesar.

Adapun rilis pelaporan dana kampanye itu dihadiri langsung oleh Sandiaga Uno, ditemani sejumlah jajaran elite timses di media center Prabowo-Sandi, Jakarta, Senin (31/12). Seluruhnya, kompak mengenakan pakaian kemeja biru khas ala Sandiaga.

Berdasarkan data yang mereka paparkan, BPN Prabowo-Sandi telah menerima dana kampanye sebanyak Rp 54 miliar sepanjang tiga bulan terakhir. Sementara itu, dana yang sudah dikeluarkan mencapai Rp 46,6 miliar.

Sandi, sapaan akrabnya, menjadi donatur paling besar dengan setoran mencapai Rp 39,5 miliar atau 73,1 persen dari total dana kampanye. Donatur terbanyak kedua adalah Prabowo Subianto yang telah menyetorkan Rp 13 miliar atau 24,2 persen dari total dana kampanye.

Sisanya berasal dari sumbangan dari Partai Gerindra sebesar Rp 1,3 miliar, sumbangan perseorangan sebesar Rp 76 juta, dan kontribusi paling kecil yakni sumbangan kelompok sebesar Rp 28,8 juta.

“Konsistensi kami terhadap prinsip transparansi dan keterbukaan. Karenanya, dana kampanye kami buka lagi di pengujung Desember,” kata Sandi dalam paparannya.

Sementara itu, untuk pengeluarannya, mereka telah mengeluarkan sebanyak Rp 46,6 miliar. Nominal itu dipakai selama kegiatan kampanye tiga bulan terakhir.

Sebagian besar, digunakan untuk kebutuhan kampanye, mulai dari bahan kampanye sampai iklan dengan total Rp 23,4 miliar. Sedangkan pengeluaran untuk kegiatan lain-lain sebesar Rp 23,2 miliar.

Kegiatan lain-lain itu meliputi kebutuhan untuk media center sebesar Rp 5,3 miliar, media sosial Rp 9,1 juta, sosial kemasyarakatan Rp 2,4 miliar, serta teritori dan jaringan sebesar Rp 15,4 miliar.

Sandi mengakui, beban kampanyenya sedikit terkurangi karena partisipasi aktif yang dilakukan masyarakat. Dia mengatakan, hampir di setiap titik kampanye, dia mendapatkan bantuan dana dari masyarakat.

“Kami lihat animo masyarakat yang tinggi untuk menyumbang kampanye dan berpartisipasi untuk pasangan Prabowo-Sandi,” katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengharapkan, masyarakat dapat ikut merasakan seluruh perjuangannya bersama Prabowo. Dia berjanji akan menepati seluruh janji yang telah dibebankan kepadanya bila terpilih di pilpres 2019.

“Mereka juga menitipkan pesan kepada Prabowo-Sandi untuk istiqomah untuk memperjuangkan perubahan, khususnya di bidang kesejahteraan ekonomi dan penghasilan dan biaya hidup yang lebih baik lagi di tahun 2019,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (aim/JPC)

Jadi Donatur Terbesar, Sumbangan Sandi 3 Kali Lipat Prabowo