alexametrics

Makna Diplomasi Pecel Pincuk Oleh Pakde Karwo ke Khofifah

31 Januari 2018, 19:17:54 WIB

JawaPos.com – Suguhan nasi pecel pincuk sebagai menu makan siang dalam silaturahmi Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo, pada Selasa, (30/1) menyisakan banyak isyarat.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Mochtar W Oetomo menilai, menu pecel pincuk merupakan simbol komunikasi politik Soekarwo dengan Khofifah. Pecel pincuk dikenal dengan filosofinya yang cukup kompleks. Yakni, makanan yang terdiri dari banyak sayuran dan bumbu yang setiap daerah memiliki ciri khas berbeda.

“Dalam pecel itu tidak boleh terpisah antara sayuran dengan bumbunya, harus tercampur jadi satu baru akan jadi enak. Artinya, ketika Pakde Karwo (Soekarwo), Khofifah dan partai pengusung itu bisa bersatu, saling melengkapi, saling mengisi maka akan jadi satu kesatuan yang akan kuat,” kata Mochtar saat dikonfirmasi JawaPos.com, Rabu, (31/1).

Dalam kontek pertemuan yang berlangsung di kantor DPD Demokrat Jatim, Jalan Kertajaya itu, Pakde Karwo bertindak sebagai tuan rumah sekaligus koki masak yang baik. Artinya, Pakde Karwo itu mengisyaratkan bahwa kekuatan khofifah tidak bisa lepas dari sosok Pakde Karwo yang juga Gubernur Jawa Timur.

“Pincuk itu simboliknya adalah wadah yang mewadahi seluruh elemen pecel tadi. Sehingga akhirnya bisa dinikmati. Seluruh elemen Khofifah itu harus di pincuk oleh Demokrat dan Pakde Karwo agar menjadi kekuatan bersama, solid yang didaya gunakan untuk kemenangan,” bebernya.

Disisi lain, lanjut Mochtar, Pakde Karwo juga ingin menunjukkan kekuatan Pakde Karwo di wilayah mataraman. Sebab, selain daerah asal Pakde Karwo, pecel juga merupakan suguhan khas wilayah mataraman.

“Jadi, Pakde (Karwo) ini kan berasal dari mataraman, Madiun. Sebagai tuan rumah Pakde Karwo ingin menunjukkan bahwa pentingnya lumbung suara di mataraman untuk di kelola,” pungkasnya.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa mengelar silaturrahmi dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo di Kantor DPD di Jalan Kertajaya, Surabaya, Selasa, (30/1).

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Makna Diplomasi Pecel Pincuk Oleh Pakde Karwo ke Khofifah