alexametrics
pilkada serentak 2018

Usai Pilkada, PKS dan PAN Makin Pede Menangkan Pilpres 2019

30 Juni 2018, 12:14:32 WIB

JawaPos.com – Pilkada Serentak 2018 diniliai sebagai pemanasan menjelang kontestasi Pileg dan Pilpres 2019. Namun dua partai besar seperti PDIP dan Gerindra nyatanya kalah di sejumlah daerah.

Direktur Pusat Studi Sosial Politik Indonesia dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedillah Badrun menganggap fenomena kekalahan PDIP dan Gerindra dalam Pilkada menarik perhatian masyarakat. Ia menilai, terdapat peluang partai kecil untuk percaya diri maju ke Pilpres 2019.

“Partai kecil dan menengah ini tinggi, memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan,” kata Ubedillah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6).

Usai Pilkada, PKS dan PAN Makin Pede Menangkan Pilpres 2019
Ilustrasi pilkada. Pilkada Serentak 2018 diikuti oleh 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. (dok. JawaPos.com)

Menurut Ubedillah, fenomena tersebut memberi peluang untuk PKS dan PAN sebagai partai oposisi lebih percaya diri mengusung calon dari partainya, melihat pemilih Gerindra lebih rendah, hanya 17,6 persen.

Selain itu, kekalahan PDIP dan Gerindra – meskipun keduanya partai besar – menunjukkan mereka tidak kuasa untuk mengambil simpatik masyarakat.

“Saya melihat ini ada fenomena, PDIP partai kuat dan Gerindra partai kuat tapi tidak perkasa. Di Jawa saja ada 44 kontestasi mereka hanya 14 pemenang. Kandidat dari partai dan kandidat perseorangan hanya selisih satu, kalau dari partai ada 7, perseorangan ada 6 orang,” terang Ubedillah.

Lebih lanjut, Ubedillah menuturkan kinerja mesin politik sangat berpengaruh untuk memenangkan dalam kontestasi Pemilu 2019.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (rdw/JPC)

Usai Pilkada, PKS dan PAN Makin Pede Menangkan Pilpres 2019