alexametrics

KPU Siapkan 20 Pengacara Hadapi Gugatan dari Prabowo-Sandi

30 Mei 2019, 16:03:14 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) terus mempersiapkan langkah-langkah dalam menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Baik itu gugatan pileg ataupun pilpres 2019.

Komisioner KPU, Ilham Saputra ‎mengatakan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU di tingkat provinsi. Hal itu dilakukan untuk melengkapi data-data untuk menghadapi gugatan di Pemilu 2019 ini.

‎”Berkoordinasi dengan temen-temen KPU provinsi untuk melengkapi data-data atau berkas-berkas yang dimohonkan kepada MK oleh parpol dan pasangan calon,” ujar Ilham saat dikonfirmasi, Kamis (30/5).

Ilham menuturkan, KPU yakin bisa menjawab gugatan yang dilakukan oleh para partai politik ataupun dari pasangan capres dan cawapres. Menurut Ilham, KPU bisa menang dalam gugatan di MK tersebut jika punya bukti-bukti lengkap.

“Insya Allah kami bisa menjawab gugatan itu, dari partai politik, pasangan calon. Kami yakin bisa menang karena kami sudah lakukan sesuai dengan prosedur,” katanya.

Ilham juga mengatakan siap dengan konsekuensi dari putusan MK ini. Apabila kalah, maka KPU menerimanya. Termasuk apabila MK memutuskan diselenggarakannya pemungutan suara ulang (PSU) di daerah.

“Iya kami harus siap, (kami juga siap anggaran dan logistik), karena biasanya tidak banyak ada PSU,” ungkapnya.

Terpisah, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan pihaknya telah meyiapkan 60 kuasa hukum untuk menghadapi gugatan sengketa di lembaga penguji undang-undang tersebut.

“Kami masih kumpulkan dokumen dan data dalam memperkuat jawaban dan bukti untuk membantah,” kata Pramono.

Pramono menambahkan, dari 60 kuasa hukum tersebut, setidaknya 20 orang disiapkan untuk menghadapi gugatan yang diajukan oleh pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Jadi, memang ini bagian dari pertangungjawaban. Kami akan membuktikan bahwa apa yang kami kerjakan selama ini sudah benar,” pungkasnya.

Sekadar informasi, permohonan gugatan di MK untuk pemilihan DPR dan DPRD ada sebanyak 323. Sedangkan gugatan untuk pemilihan anggota DPD ada 10 gugatan, dan pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak satu gugatan. Dengan demikian, jumlahnya ada 334 permohonan gugatan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads