alexametrics

Ini Jurus Khofifah Perbaiki Pasar Tanpa APBD

30 April 2018, 14:57:29 WIB

JawaPos.com – Sebagian besar pasar tradisional di Jawa Timur (Jatim) kondisinya kurang baik. Hal itupun mendapatkan perhatian serius dari Calon Gubernur (Cagub) Jatim Khofifah Indar Parawansa. Ada rencana untuk memperbaiki pasar tradisional jika kelak terpilih di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.

Khofifah sadar betul kalau pasar tradisional ada di bawah naungan pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemkot). Namun perbaikan pasar tradisional harus ada koordinasi yang baik dengan pemerintah provinsi (pemprov).

Untuk itu, Khofifah sudah menyiapkan strategi perbaikan pasar tradional. Menariknya, strategi tersebut tanpa membebani APBD. Melainkan dengan memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahan besar setempat.

“Saya sudah punya bayangan dan sudah komunikasikan Kami ajaklah pemilik-pemilik CSR yang luar biasa besarnya. Supaya pemkot dan pemkab itu tidak terlalu repot membahas APBD dengan DPRD,” kata Khofifah usai blusukan di Pasar Pacar Keling, Surabaya, Senin (30/4).

Menurut Khofifah, cara tersebut sangat menguntungkan bagi pemkab dan pemkot. Sebab dengan adanya CSR, tidak mengurangi APBD setempat. Cara itu juga relatif lebih mudah dilakukan dibanding menggunakan APBD yang prosesnya panjang.

“Kalau solusinya CSR, itu win win profit. Artinya pemkab, pemko tidak mungkin menolak. Karena tidak menggangu budget mereka. Mereka juga tidak perlu membahas budgeter dengan DPRD,” terang mantan Menteri Sosial (Mensos) periode 2014-2018 itu.

Jika hal itu bisa dimaksimalkan, Khofifah optimistis pasar tradisional akan menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk semua kalangan. Jika semua pasar tradisional sudah baik, tugas selanjutnya yakni melakukan proteksi kepada para pedagang pasar tradisional. Tujuannya agar mereka tetap bisa bersaing dengan pasar modern.

“Kalau sudah naik, kami proteksi pasar tradisional. Sekarang ayo belanja ke pasar tradisional. Itu imbang,” pungkas Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ini Jurus Khofifah Perbaiki Pasar Tanpa APBD