alexametrics
Pilpres 2019

Jokowi: Pemerintahan ke Depan Harus ‘Dilan’!

Digital dan Melayani
30 Maret 2019, 20:50:45 WIB

JawaPos.com – Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)‎ mengatakan, Pancasila adalah kesepakatan para pemimpin bangsa, dari berbagai daerah, dari berbagai organiasi, berbagai ras, suku, agama pada saat itu.

“Oleh sebab itu, menjadi kewajiban semua masyarakat untuk menjaga, merawat, dan menjalankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Jokowi di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Jokowi mengatakan, ke depan pemerintah harus menganut semangat ‘Dilan’ yakni digital dan melayani. Artinya, kata dia, pemerintah bisa memberikan pelayanan yang baik ke publik.

“Di bidang pemerintahan ke depan diperlukan pemerintahan ‘Dilan’, digital melayani. Oleh sebab itu, diperlukan reformasi dalam pelayanan publik lewat elektronik,” katanya.

Jokowi menjelaskan, untuk mewujudkan pemerintahan yang melayani tersebut maka diperlukan kualitas aparatur negara dan SDM yang baik. Selain itu, diperlukan pula reformasi tata kelola birokrasi pemerintahan.

Dia mencontohkan, di bidang pertahanan, peningkatan kualitas SDM salah satunya dilakukan dengan meningkatkan persenjataan dan kemampuan siber. Pasalnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, ke depan perangnya adalah perang teknologi.

Oleh sebab itu, membangun kekuatana siber sama pentingnya dengan meningkatkan pembangunan alutsista. “Kalau kita belum bisa melakukan (pembangunan alutsista), kita bisa melakukan join produksi dengan negara-negara lain,” katanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jokowi: Pemerintahan ke Depan Harus 'Dilan'!