alexametrics

Berkas Lengkap, Kasus JR Saragih Segera Disidangkan

30 Maret 2018, 03:02:55 WIB

JawaPos.com – Jaksa Peneliti Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) akhirnya menyatakan berkas kasus dugaan penggunaan dokumen palsu Jopinus Ramli Saragih lengkap. Kasus itu pun akan segera disidangkan.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sumut Sumanggar Siagian yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia menyatakan berkas sudah P21.

“Kita sudah serahkan ke penyidik Polda Sumut,” kata Sumanggar, Kamis (29/3).

Selanjutnya, dia menjelaskan proses pemeriksaan berkas oleh penyidik akan berlangsung selama tiga hari. Jika telah lengkap secara formil dan materil, penyidik akan melimpahkan berkas tersangka dan barang bukti kepada Kejati Sumut untuk proses tahap dua.

“Kejati Sumatera Utara selaku penuntut umum akan melimpahkan segera berkas perkara ke Pengadilan setelah menyusun dakwaan. Kejati Sumatera Utara mempunyai waktu lima hari untuk menyusun seluruh dakwaan,” katanya.

Namun Sumanggar enggan berkomentar banyak ihwal penahanan JR Saragih. Dia mengatakan masih menunggu kesimpulan pimpinannya.

Seperti diketahui, JR Saragih ditetapkan sebagai tersangka oleh Gakkumdu. Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Sumut tersebut disangkakan menggunakan dokumen palsu saat melengkapi persyaratan calon gubernur.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Berkas Lengkap, Kasus JR Saragih Segera Disidangkan