alexametrics

Gus Ipul-Puti Bakal Prioritaskan Madura, Ini Alasannya

30 Januari 2018, 18:12:10 WIB

JawaPos.com– Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno bakal memprioritas pembangunan di Pulau Madura bila terpilih nanti.

Perhatian terhadap Madura itu tercermin dalam beberapa agenda kunjungan Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf,  seperti saat bertatap muka dengan Ikatan Keluarga Madura (IKAMRA) di Surabaya, Senin (29/1). Pada kesempatan itu, Gus Ipul berterima kasih atas dukungan yang diberikan IKAMRA.

Pria kelahiran Pasuruan itu mengungkapkan rencananya untuk memajukan Madura. Selama ini, Madura telah disuport dengan hadirnya Jembatan Suramadu dan Bandara di Sumenep. “Peningkatan SDM dan pembangunan infrastruktur harus didukung agar mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Madura,” ucap Gus Ipul di pertemuan tersebut.

Gus Ipul-Puti Bakal Prioritaskan Madura, Ini Alasannya
Puti Guntur Soekarno saat berada di Banyuwangi beberapa waktu lalu (istimewa)

Secara terpisah, Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti, Hikmah Bafaqih menjelaskan, Gus Ipul membawa pesan yang kuat. “Pesannya sangat eksplisit yakni untuk menjadikan Madura yang mandiri dan sejahtera,” tegas Hikmah kepada JawaPos.com, Selasa (30/1).

Hikmah menuturkan, perhatian kepada pembangunan Pulau Garam itu adalah sebuah hal yang wajar. Hal ini berkaca pada indeks pembangunan di beberapa kabupaten di Madura yang masih di bawah daerah lain di Jawa Timur.

Secara gentle, Gus Ipul-Puti mengakui hal itu. Oleh sebab itu, jika terpilih nanti, keduanya berjanji akan memperbaiki indeks pembangunan di Madura. “Ini (indeks pembangunan di Madura) memang menjadi PR. Perlu ada afirmasi, atau tindakan khusus. Madura akan diprioritaskan, itu janji politik yang akan dilakukan Gus Ipul dan Mbak Puti,” lanjut mantan aktifis PMII tersebut.

Pekan Depan, Puti Sambangi Kawasan Mataraman

Sementara itu Bakal calon wakil gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno Putri terus aktif menyambangi beberapa daerah. Berbagai kota telah dikunjunginya, mulai Surabaya, Bangkalan, Jombang, hingga Banyuwangi.

Dalam waktu dekat, Puti berencana mendatangi kawasan Mataraman. “Iya, Mataraman sudah diagendakan. Kemungkinan minggu depan,” tutur Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari kepada JawaPos.com, Selasa (30/1).

Kawasan Mataraman sendiri diprediksi akan menjadi pertarungan dua bakal calon gubernur. Selain Puti, Emil Ernesto Dardak juga punya basis massa yang besar di wilayah yang meliputi, Blitar, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Ngawi, hingga Madiun. Emil sendiri merupakan Bupati Trenggalek.

Menanggapi hal tersebut, Untari menolak jika disebut bila Mataraman menjadi arena pertarungan face to face. Menurutnya, Puti sebagai kader berlogo kepala banteng bermoncong putih itu disiapkan menang untuk merebut suara di seluruh kawasan. “Kami fokus ke semua wilayah di Jawa Timur. Jadi ya bukan di sana (Mataraman) saja,” tambahnya.

Untari mengatakan, untuk rencana kota-kota yang akan dikunjungi di Mataraman masih dalam tahap penyusunan. “Masih disusun. Nanti pasti kami share kalau sudah ada agenda pastinya,” ucapnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gus Ipul-Puti Bakal Prioritaskan Madura, Ini Alasannya